News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Inilah Panduan Penilaian Portofolio Terbaru

Inilah Panduan Penilaian Portofolio Terbaru

Ujian sekolah tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Bentuk ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan berupa portofolio,penugasan, tes tertulis, maupun bentuk lainnya. Lantas, apa sebenarnya penilain portofolio itu?
Inilah Panduan Penilaian Portofolio Terbaru

Penilaian portofolio merupakan pendekatan yang relatif baru dan belum banyak digunakan di dunia pendidikan di Indonesia. Di beberapa negara, portofolio telah digunakan dalam dunia pendidikan secara luas, baik untuk penilaian di kelas, daerah, maupun untuk penilaian secara nasional dengan tujuan standardisasi.

Pada era ini penguasaan soft skills dan hard skills sama pentingnya. Siswa perlu dilatih tidak saja supaya mereka kompeten secara akademis tetapi juga supaya mereka mempunyai karakter yang berkualitas. Penilaian portofolio yang digunakan di kelas merupakan satu alternatif untuk meningkatkan kompetensi siswa secara menyeluruh.

Penggunaan portofolio secara tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri, menemukan strategi untuk meningkatkan kompetensi, gigih, dan menjadi pembelajar yang mandiri.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud RI telah menerbitkan panduan penilaian portofolio bagi sekolah. Silakan download di sini untuk memahaminya.

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a Comment