Inilah Akibatnya Jika Ikut Pelatihan SangPengajar

SangPengajar saat ini terus berikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan. Media online peraih Anugerah Peduli Pendidikan 2015 dari Kemdikbud RI ini telah melatih ribuan guru. Meski bukan lembaga pelatihan, SangPengajar berkomitmen selalu menggandeng berbagai pihak dalam menebarkan virus literasi. 

Tercatat sudah 2.321 peserta dilatih oleh SangPengajar melalui kegiatan pelatihan maupun workshop yang digelar sampai dengan Mei 2019 ini. Jumlah tersebut bukanlah angka yang sedikit. Artinya, SangPengajar sukses menebarkan virus literasi di negeri ini. Data tersebut diuraikan sebagai berikut.
  • Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa (11 angkatan): 1.513 peserta
  • Workshop Penulisan Buku (5 angkatan): 563 peserta
  • Workshop Media Pembelajaran Berbasis ICT (2 angkatan): 245 peserta
Umumnya, para peserta mengikuti kegiatan SangPengajar berorientasi kepada produk. Peserta dilatih untuk membuat produk berupa artikel ilmiah populer, buku, maupun media pembelajaran. Produk inilah yang menjadi target dari setiap peserta. Selanjutnya, produk berupa Publikasi Ilmiah dan Karya Inovasi tersebut akan dapat dinilaikan. Dengan begitu, karier kepegawaian para peserta dapat meningkat. Para peserta pun berhasil meluncurkan karyanya saat Hari Guru Nasional 2018 dan Hari Pendidikan Nasional 2019 yang lalu.


Para peserta sudah mengakui kegiatan SangPengajar sebagai solusi kenaikan pangkat. Dyah Retno Purwaningsih, guru SMA Negeri 1 Wonogiri, memberikan testimoni: 

“Terima kasih kepada SangPengajar, artikel saya tentang pembelajaran Bahasa Inggris "Collaborative Writing dengan Whatsapp Group" di kelas yang saya ampu, dinilai pada PAK 2018. Salam literasi, salam sukses PAK!” 

Begitu juga dengan Susana Hadianto, guru SMKN 1 Trucuk, Klaten, memberikan kesaksian:
“Awalnya iseng saja mencoba daftar pelatihan artikel, ternyata diterima. Saya yang awalnya tidak bisa menulis, dengan motivasi dan bimbingan, ternyata berhasil juga tulis 1 artikel dan langsung terbit. Koran datang tepat waktu saat akan mengumpulkan PAK untuk kenaikan pangkat ke IV/b. Alhamdullilah, artikel tersebut dinilai sebagai publikasi ilmiah. Saya mendapat tambahan nilai 1,5. Saya pun lolos KP ke IV/b. Terima kasih SangPengajar, karenamu aku jd PD menulis, sekarang juga sedang proses mulai menulis buku. Ayo gabung pelatihan SangPengajar!” 

Selain itu testimoni serupa dituliskan oleh Sri Mulyani, guru SMP Negeri 1 Tirtomoyo: 
“Saya merasa sangat beruntung mengenal SangPengajar. Alhamdulillah saya telah menulis beberapa artikel dan sudah dapat dinilaikan semua. Saat ini saya sedang belajar menulis buku, semoga bisa segera selesai dan bisa terbit.” 

Testimoni lain, ditulis oleh Endang Dwi Hastuti, SMAN 1 Sumberlawang, Sragen: 
“Oktober 2018 saya menilaikan 6 artikel populer yang diterbitkan di Jateng Pos. Kebahagiaan pun terus bergulir karena keenam artikel tersebut dinilai oleh tim penilai PAK, sehingga saya mendapatkan nilai 9 di Publikasi Ilmiah. Terima kasih banyak SangPengajar, Jateng Pos, dan Kelas Literasi Guru Jateng. Sungguh engkau tahu apa yang kami mau.” 

Banyak testimoni keberhasilan para peserta lainnya. Sebagian testimoni itu, terpampang jelas di web Jadwal Pelatihan SangPengajar yang dapat Anda akses di sini.

Nah, itulah akibat jika mengikuti kegiatan SangPengajar. Berani mencoba? 


No comments

Powered by Blogger.