Inilah 4 Langkah Sukses Menilaikan Artikel Ilmiah di Media Massa



Geliat menulis artikel di media massa semakin terasa. Ribuan guru berebut kuota pelatihan penulisan artikel setiap kali pendaftaran dibuka. Tak heran jika kemudian berbagai pihak menggelar pelatihan penulisan artikel. Tentu saja ini fenomena yang wajib disyukuri. Saat ini guru sudah mau dan mampu menulis artikel ilmiah populer di media massa. Tak hanya itu, banyak guru yang telah mendapatkan angka kredit untuk kenaikan pangkat dari artikel yang dibuatnya.

Menjamurnya virus literasi ini sekali lagi harus kita apresiasi. Namun, para guru tidak boleh terbuai dengan itu semua. Berbagai ketentuan penulisan artikel dan penilaiannya wajib diperhatikan. Berikut ini 4 langkah sukses menilaikan artikel ilmiah populer di media massa.

Pertama, pastikan artikel dimuat di media massa tingkat provinsi atau nasional, bukan media lokal. Mengapa demikian? Buku 4 tentang Pedoman Kegiatan PKB mempersyaratkan media yang memuat artikel adalah media massa tingkat provinsi atau nasional. Artikel di media massa tingkat provinsi bisa mendapatkan angka kredit 1,5, sedangkat tingkat nasional 2.

Kedua, tulislah artikel tentang pembelajaran di kelas yang diampu. Sebenarnya di Buku 4 ketentuannya adalah artikel berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan. Namun, sebagai bentuk antisipasi, sesuaikan dengan tugas pokok guru yaitu mengajar. Artikel yang akan dinilaikan buatlah mengenai pembelajaran di kelas yang diampu. Misalnya, TPS Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa.

Ketiga, tuliskan satuan pendidikan atau sekolah di badan artikel. Penyebutan ini harus tersurat, bukan tersirat. Penulisan satuan pendidikan ini mengacu pada ketentuan Buku 4: 

Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan. 
Keempat, nilaikan dengan membuat kliping. Sertakan juga surat keterangan terbit dari media massa yang menerbitkan artikel tersebut. Kliping yang dimaksud adalah guntingan artikel beserta nama media massa dan tanggal penerbitannya. Hal ini sesuai ketentuan Buku 4:


Guntingan (kliping) tulisan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis,dengan pengesahan dari kepala sekolah/madrasah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya. Jika berupa fotokopi, harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah/madrasah yang menyataan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa tersebut.
Demikian 4 langkah sukses menilaikan artikel ilmiah populer di media massa. Semoga bermanfaat!

Jadwal pelatihan penulisa artikel bisa dilihat di sini

No comments

Powered by Blogger.