Download Format Surat Pernyataan dan Surat Izin Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019


Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019 tampil beda. Perubahan sistem OGN tahun ini menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan guru. Perubahan itu mencakup tiga hal: (1) perubahan alamat website, (2) Subdit Kesharlindung sebagai pelaksana OGN tidak menerima peserta dari hasil penunjukan langsung (tanpa seleksi), (3) digelarnya seleksi daring/online bagi guru yang daerahnya tidak mengadakan seleksi berjenjang.

Download Format Surat Pernyataan dan Surat Izin Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019


Perubahan alamat website sebenarnya hanyalah pada domain/URL saja. Kini alamat website Kesharlindung menginduk domain Kemendikbud.go.id, tidak lagi dengan domain sendiri. Website Kesharlindung dapat diakses di alamat http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id. Anda tak perlu membuat akun baru jika sebelumnya sudah memiliki akun di website Kesharlindung. Semua data dan akun masih utuh, karena hanya migrasi saja.

Pertanyaan yang sering disampaikan adalah format surat pernyataan dan surat izin yang menjadi syarat administrasi peserta seleksi daring OGN. Kedua syarat ini diminta, selain SK CPNS/ PNS/ GTY/ GTT  dan esai 5 halaman.

Secara lengkap, tahapan OGN seleksi daring terpusat adalah sebagai berikut.

Pertama, peserta harus terdaftar di website Kesharlindung. Artinya, peserta harus memiliki akun pada web Kesharlindung Dikdas. Kedua, peserta harus login kemudian temukan kegiatan OGN DARING TERPUSAT. Jika sudah ditemukan, silakan klik tombol pendaftaran yang tersedia.

Ketiga, peserta harus mengunggah syarat administrasi terlebih dahulu. Keempatnya dalam format file PDF yaitu:
  • SK CPNS/ PNS/ GTY/ GTT , dokumen ini untuk membuktikan bahwa peserta telah mengajar lebih dari 4 tahun
  • SURAT PERNYATAAN, format surat pernyataan bisa DOWNLOAD DI SINI
  • SURAT IZIN, surat izin dari kepala sekolah hars ditandatangani oleh kepala sekolah. Peserta yang tidak diizinkan oleh kepala sekolahnya maka tidak diperkenankan mengikuti kegiatan ini. Contoh surat izin KS untuk mengikuti kegiatan Kesharlindung dapat dilihat di sini. Silakan edit sesuai kebutuhan!
  • ESAI, peserta dipersyaratkan membuat tulisan singkat 5 halaman dengan format bebas tapi rapih seperti artikel pada umumnya dengan tema pembahasan mengenai mata pelajaran yang diampu dengan tema sesuai pada pedoman.

Setelah unggah persyaratan, silakan pantau pengumuman tiap tahapnya di website Kesharlindung. Demikian panduan tahapan dan persyaratan OGN 2019. Semoga bermanfaat!

Pedoman OGN 2019 KLIK DI SINI

No comments

Powered by Blogger.