Dengan Melakukan 4 Cara Jitu Ini Skripsi Anda Pasti Cepat Selesai

Skripsi menjadi tugas akhir bagi seorang mahasiswa yang harus diselesaikan pada waktu yang tepat. Dengan kata lain, jika skripsi tidak selesai pada waktu yang sudah ditentukan, maka di DO akan menjadi bayangan horor yang membuntuti pada mahasiswa.
Dengan Melakukan 4 Cara Jitu Ini Skripsi Anda Pasti Cepat Selesai

Menakutkan ya? Tapi sebenarnya skripsi tidak seseram itu. Bahkan jika Anda bisa menyelesaikannya tepat waktu, bisa menjadi salah satu alat yang membantu penerimaan beasiswa short course jika Anda berminat melanjutkan ke S2.
Nah, Anda bahkan bisa menyelesaikannya dengan waktu yang sangat cepat jika Anda melakukan 4 cara ini:

Jangan Terlalu Idealis

Tidak usah mencari kajian yang tidak pernah dikaji oleh mahasiwa lainnya. Waktu Anda akan habis hanya untuk memikirkan masalah apa yang akan Anda kaji. Dengan demikian tidak usah terlalu idealis. Yang penting Anda memahami betul apa yang Anda ingin kaji, dan Anda juga memahami apa saja yang harus Anda lakukan serta buku apa yang harus Anda cari untuk menyelesaikan skripsi Anda dengan cepat.

Pilih Topik yang Dikusai dan Mudah Dikaji

Selanjutnya, untuk bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat adalah dengan memilih topik yang Anda sukai dan memang mudah dikaji. Ide ini biasanya akan muncul jika Anda banyak membaca skripsi orang lain dan tentunya banyak berkonsultasi dengan dosen Anda.

Banyak Berdiskusi dengan Dosen Pembimbing

Ya, banyak berdiskusi dengan dosen menjadi cara lain yang akan mempercepat selesainya skripsi Anda. Dengan demikian dekati dosen Anda. Biasanya dosen tidak keberatan mahasiswanya berkunjung kerumahnya untuk melakukan kegiatan bimbingan belajar supaya bisa menyelesaikan skripsinya. Makanya, baik-baik ya dengan dosen Anda. Percaya deh, akan banyak ide dari dosen yang akan mempermudah skripsi Anda.

Kerjakan Beberapa Bab yang Bisa Anda Analisa Secara Bersamaan

Percaya tidak? Ada beberapa bab yang sebenarnya bisa Anda kerjakan secara bersamaan. Contohnya adalah bab teori yang tentunya erat kaitannya dengan bab analisis. Dengan demikian, mengerjakannya secara bersamaan juga bisa mempermudah Anda. Namun jika cara ini dirasa sulit, skip saja. Namun minimal, Anda membuat gambaran umum dari bab analisa ketika mengerjakan bab teori Anda.

Sebagai mahasiswa, Anda juga wajib memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kurangi dulu bermain dan fokuslah pada skripsi Anda. Gunakan waktu Anda dengan berdiskusi, berkunjung ke perpustakaan, dan kegiatan yang mendukung proses selesainya skripsi Anda. 

No comments

Powered by Blogger.