Faktor Yang Mempengaruhi Harga Hardisk

Hardisk merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah perangkat komputer. Baik Laptop maupun PC Dekstop perangkat hardisk harus memiliki kapasitas minimal tertentu agar bisa beroperasi dengan maksimal. Karena itu, terkadang kita harus melakukan upgrading hardisk agar perangkat komputer yang kita miliki bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Harga hardisk cukup beragam sesuai dengan spesifikasi yang ada pada hardisk itu sendiri.
Faktor Yang Mempengaruhi Harga Hardisk


Faktor Yang Mempengaruhi Harga Hardisk

Untuk membeli hardisk terkadang kita kesulitan menentukan produk yang harus kita beli. Hal itu karena spesifikasi hardisk yang sangat bervariasi dengan berbagai merek yang berbeda. Selain itu, harga hardisk berbagai merek berbeda, padahal memiliki kapasitas penyimpanan yang sama. Apabila kita akan melakukan pembelian hardisk dengan harga lebih murah, kita akan ragu dengan kualitas yang ada. Untuk itu, kita perlu memahami mengapa hardisk memiliki perbedaan harga.

1.    Kapasitas Penyimpanan Hardisk
Salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan harga hardisk antara satu dan lainnya adalah perbedaan kapasitas penyimpanan.  Kapasitas hardisk dengan kemampuan menyimpan 500GB tentu akan berbeda dengan 1TB. Dengan asumsi kita memilih merek hardisk yang sama maka semakin besar kapasitas hardisk yang ditawarkan, maka akan memiliki harga yang  lebih tinggi. Meskipun bila kita amati harga yang ditawarkan tidak terpaut begitu jauh.

2.    Perbedaan Merek Hardisk
Merek Hardisk secara langsung akan menentukan perbedaan harga yang ditawarkan. Merek terkenal, cenderung memiliki harga yang relatif lebih tinggi. Meskipun lebih tinggi, bisanya orang akan cenderung membeli hardisk dengan merek terkenal. Hal itu karena hardisk merek terkenal dinilai mampu memberikan jaminan kualitas dibanding dengan merek yang tidak terkenal. Hal itu memberikan point tersendiri mengapa merek tertentu berani menjual dengan harga tinggi.

3.    Ukuran Hardisk
Saat ini kita mengenal hardisk dengan ukuran 2.5 inch dan 3.5 inch di pasaran. Spesifikasi hardisk dengan ukuran fisik yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda. Untuk ukuran 2.5 inch biasanya digunakan untuk laptop dan untuk ukuran 3.5 inch digunakan untuk PC Desktop. Biasanya untuk hardisk dengan ukuran fisik yang lebih besar akan memiliki harga yang lebih tinggi karena bahan yang digunakan tentu akan lebih banyak.

4.    Jenis Hardisk
Saat ini kita mengenal 2 jenis hardisk, yaitu hardisk internal dan hardisk eksternal. Harga hardisk yang ditawarkan antara kedua jenis tersebut akan berbeda karena fungsi yang juga berbeda. Hardisk eksternal memiliki kecenderungan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan hardisk internal. Asumsi harga yang kita gunakan adalah dengan kapasitas hardisk yang sama dan merek yang sama.

5.    Teknologi Yang Digunakan
Teknologi hardisk juga mempengaruhi perbedaan harga yang ada. Karena biasanya perbedaan teknologi yang ada akan mempengaruhi kualitas hardisk internal maupun eksternal itu sendiri. Perbedaan teknologi yang ada biasanya akan mempengaruhi kecepatan transfer data yang dimiliki. Kecepatan transfer data tidak hanya berpengaruh pada pemindahan data, namun juga respon hardisk yang cepat atau lambat saat digunakan.

6.    Garansi Produk Yang Diberikan
Peningkatan harga hardisk juga dipengaruhi oleh garansi yang diberikan terhadap produk hardisk tersebut. Dengan adanya garansi, maka kualitas dan keamanan produk menjadi lebih terjamin. Karena itu, penjual biasanya akan memasang harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk hardisk tanpa garansi. Meskipun pada dasarnya produk yang memiliki garansi dan yang tidak memiliki garansi akan mempunyai kualitas yang sama.

Faktor yang mempengaruhi perbedaan harga hardisk tidak akan berpengaruh bila kita menjumpai produk dengan harga diskon ataupun sedang dalam masa promo. Karena harga promo dan diskon sepenuhnya ditetapkan oleh pihak yang menjual produk tertentu dengan pertimbangan tertentu. Pembelian hardisk pada dasarnya tetap ditentukan oleh konsumen itu sendiri. Saat ini, banyak konsumen fanatik yang hanya menggunakan produk dengan merek tertentu saja.

Produk Hardisk Internal

Hardisk yang digunakan pada PC dan laptop memiliki perbedaan ukuran sehingga masing-masing akan memerlukan hardisk yang spesifik. Untuk kebutuhan PC Desktop, kita bisa menggunakan hardisk internal dengan ukuran 3.5 inch. Salah satu produk yang cukup dikenal adalah hardisk Seagate yang memiliki kualitas baik dengan harga cukup terjangkau. Misalkan dengan tipe ST500DM002 berkapasitas 500 GB dijual dengan harga sekitar 680 ribu rupiah saja.

Masih dengan ukuran yang sama, yaitu 3.5 inch, Seagate  meluncurkan tipe Barracuda dengan kapasitas 2TB dengan kode ST2000DM001. Meskipun kapasitas yang dimiliki 4x dari produk ST500DM002 namun harga yang ditawarkan cukup menarik. Harga hardisk internal tipe ini hanya sekitar 1 juta rupiah saja. Dengan demikian, bila kita ingin membeli hardisk, ada baiknya kita memeriksa berbagai varian produk hingga bisa menemukan produk terbaik dengan harga terbaik.

Harga hardisk internal pada umumnya memiliki kecenderungan yang sama antara satu merek dengan merek lainnya. Kecenderungan yang ada yaitu, perbedaan kapasitas yang mencolok namun dengan harga yang tidak terpaut jauh. Keadaan ini terkadang membuat pembeli atau konsumen menjadi ragu dalam menetapkan pilihan. Namun demikian, sebaiknya kita melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhan mendesak yang ada sehingga belanja sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Produk Hardisk Eksternal

Upgrading pada hardisk bisa kita lakukan untuk mempercepat kinerja komputer atau menambah kapasitas penyimpanan. Namun bila kita membutuhkan penyimpanan hanya untuk kepentingan arsip saja, kita bisa membeli produk hardisk eksternal yang memiliki kapasitas besar dan mudah untuk melakukan mobilitas secara fisik. Hardisk eksternal juga tersedia dengan banyak pilihan kapasitas dan merek. Meskipun harga hardisk eksternal lebih mahal, namun masih cukup terjangkau.

Bahkan kita bisa mendapatkan produk dengan teknologi terkini, yaitu Hardisk dengan kemampuan wireless. Salah satu produk yang bisa kita dapatkan adalah Seagate Wireless Plus USB 3.0 berkapasitas 1TB. Produk jenis ini bisa kita akses tidak hanya menggunakan laptop atau PC, namun juga bisa kita akses menggunakan Tablet PC dan Smartphone. Harga hardisk yang ditawarkan pun cukup murah, kita bisa mendapatkan produk ini hanya dengan 2,4 juta rupiah saja.

Untuk pembelian hardisk kita bisa melakukan secara online maupun offline. Namun demikian, sebelum melakukan pembelian, sangat disarankan kita mengukur kompatibilitas produk yang akan kita beli dengan perangkat yang akan kita gunakan. Selain itu, kemampuan hardisk juga akan ditentukan oleh OS yang kita gunakan. Harga hardisk yang mahal dan spesifikasi yang tinggi bila tidak bekerja dengan maksimal, maka ada kemungkinan perangkat yang digunakan kurang kompatibel.

Hardisk merupakan salah satu perangkat yang cukup sensitif pada perangkat komputer. Bila Anda ingin melakukan upgrading, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk melakukan upgrade. Bila Anda merasa ragu, sebaiknya menggunakan jasa tukang service yang terpercaya untuk menangani kebutuhan upgrade Anda. Harga hardisk yang akan kita gunakan untuk melakukan upgrading melalui tukang service mungkin akan lebih mahal, namun biasanya akan menjamin kualitas dan kompatibilitas yang ada.

No comments

Powered by Blogger.