Memasuki musim hujan, banyak orang yang akan merasa was-was karena rumahnya sering kali dilanda banjir. Karenanya, banyak dari mereka yang mulai bersiap-siap untuk menyelamatkan barang berharga dengan menempatkannya di tempat yang lebih tinggi. Hanya saja, hujan yang lebat terkadang tidak dapat diduga sehingga tingkat keparahan banjir juga tidak bisa ditebak.

3 Tips untuk Rumah yang Sering Kebanjiran

Hal ini banyak melanda beberapa rumah dijual di Jakarta yang memang berlokasi di kawasan langganan banjir. Sehingga anda harus berhati-hati ketika akan membeli rumah. pastikan saja bahwa kawasannya bukanlah kawasan langganan banjir.

Aktivitas sehari-hari akan lumpuh karena banjir melanda. Apalagi ketika banjir melanda rumah dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dapat membuat fisik rumah sendiri akan rusak dengan sendirinya. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu Anda menanggulangi banjir.

Gunakan Flooding Pump
Pompa banjir atau flooding pump dapat digunakan untuk mengeluarkan air banjir yang masuk ke dalam rumah. hal ini biasanya akan melanda rumah yang memiliki lantai lebih rendah dari permukaan jalan. Sebaiknya, bagi anda yang memiliki rumah dengan tipe tersebut dan berada di kawasan langganan banjir, belilah alat tersebut. Sehingga dapat mengurangi dampak banjir dengan signifikan.

Alat Kebersihan
Air banjir biasanya akan membawa banyak kotoran seperti lumpur. Sehingga, ketika banjir telah surut, maka akan banyak kotoran yang tertinggal. Maka dari itu, anda harus menyiapkan segala peralatan kebersihan. Misalnya, belilah alat pengepel lantai, sikat, dan juga sarung tangan karet. Jangan lupa pula untuk membeli beragam cairan pembersih seperti sabun, deterjen dan juga sabun pel.

Pindahkan Perabotan
Obs untuk memindahkan barang berharga yang sekiranya dapat rusak oleh banjir. Jika anda memiliki lantai dua, maka pindahkanlah barang-barang tersebut ke sana. Jangan lupa pula untuk mengamankan surat-surat berharga.

Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga tidak menggunakan perabotan yang mudah rusak oleh air banjir. Seperti furnitur kayu atau busa.

Kipas Angin

Anda bisa menggunakan kipas angin untuk menyeringkan bagian rumah yang basah akibat banjir. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya beberapa lokasi yang tergenang air tidak lembab dan menjadi tempat jamur tumbuh. Rumah yang berjamur akan menjadi tidak enak untuk dipandang. Selain itu, rumah yang berjamur juga bisa menjadi sumber penyakit.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top