Siang ini saya mencoba browsing di internet mengenai sabun bayi. Bukan karena baru saja punya momongan baru, he he. Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, saya peroleh informasi bahwa sabun bayi dapat digunakan untuk membersihkan jerawat. Rasa ingin tahu saya pun memaksa mencari informasi yang akurat mengenai hal ini. Benarkah sabun bayi dapat digunakan untuk membersihkan jerawat?

Menurut dr. Yusi Capriyanti, salah satu pengampu website aladokter.com,  sabun bayi tidak bisa digunakan untuk membersihkan muka atau kulit orang dewasa dari permasalahan jerawat, terutama jika jerawat tersebut sudah terlanjur muncul. Klaim sebagian orang yang menyatakan bahwa jerawatnya berkurang setelah menggunakan sabun bayi tidak bisa dijadikan acuan bagi setiap orang, karena hasilnya tentu akan berbeda satu sama lain.

Sabun Bayi Dapat Bersihkan Jerawat, Benarkah?


Keunggulan Sabun Bayi
Sabun bayi memang berbeda dengan sabun orang dewasa. Sabun bayi memiliki komposisi yang sangat lembut. Hal ini karena sabun bayi digunakan untuk merawat kulit bayi yang masih sensitif dan sangat tipis. Selain itu, sabun bayi memiliki beberapa keunggulan, antara lain: (1) sabun bayi memiliki pH (derajat keasaman) yang mendekati pH normal kulit, (2) sabun bayi sedikit atau bahkan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, (3) sabun bayi dapat membantu menghaluskan kulit karena sebagian besar komposisinya merupakan bahan alami, (4).

Jerawat dan Penanganannya
Jerawat dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis. Setiap jenis jerawat membutuhkan penangan  yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis jerawat dan cara penanganannya.

1# Jerawat biasa
Jerawat ini bentuknya kecil, merah dan terasa nyeri. Cara penanganan jerawat jenis ini adalah dengan menjaga kebersihan kulit muka serta pola makan yang sehat. Selain itu, kita dapat menggunakan beberapa obat krim untuk mengurangi adanya peradangan pada jerawat jenis ini.

2# Jerawat komedo
Jerawat ini berbentuk bintik hitam atau putih. Jerawat komedo sering kita temui  di daerah tertentu, terutama dahi dan hidung. Jerawat jenis ini membutuhkan penanganan yang lebih intensif daripada jerawat biasa. Selain itu, kita juga dapat menggunakan krim tertentu untuk membersihkan dan melepaskan sumbatan dari pori jerawat komedonya.

3# Jerawat kistik atau konglobata
Jerawat ini berukuran besar, berwarna merah dan terasa nyeri. Biasanya jenis jerawat ini dapat menimbulkan infeksi akut serta susah untuk dihilangkan. Jenis jerawat ini juga membutuhkan penanganan medis secara intensif. Penangan yang diberikan biasanya adalah dengan pemberian antibiotik serta penggunaan beberapa krim.


Demikian kupasan mengenai sabun bayi dan jerawat beserta penanganannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Ayo sebarkan artikel ini!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top