Jika mendengar kata mendongeng, apa yang anda ingat? Tentu saja yang kita ingat adalah buah hati kita, bukan? Kegiatan ini memang identik dengan dunia anak. Sayangnya saat ini semakin sedikit orang tua yang mau melakukannya. Kebiasaan positif ini kini digeser oleh kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat. Jika kita mengetahui beragam manfaat cerita dongeng anak, tentu saja setiap orang tua bakal tak melupakannya.

Inilah Manfaat Cerita Dongeng Anak Bagi Buah Hati Kita


Cerita dongeng anak sangat berguna bagi pertumbuhan buah hati kita, meskipun banyak sekali halangan untuk melaksanakannya, seperti lelahnya badan kita setelah bekerja seharian atau adanya anggapan bahwa mendongeng untuk anak itu sangat merepotkan kita. Dengan cerita dongeng, maka dapat merekatkan hubungan antara orang tua dengan anak. Selain itu, dongeng bagi anak turut membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis maupun kecerdasan. Berikut ini manfaat cerita dongeng anak selengkapnya.

1# Meningkatkan Keterampilan Anak dalam Berbahasa
Cerita dongeng anak dapat menjadi stimulan yang mampu merangsang keterampilan anak dalam berbahasa. Manfaat ini lebih dirasakan bagi orang tua yang memiliki anak perempuan, karenak anak perempuan biasanya lebih fokus dan konsentrasi terhadap cerita dongeng daripada anak laki-laki. Cerita dongeng mampu mengembangakan otak kanan anak karena anak lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah inspiratif dalam dongeng mampu membuat anak-anak menjadi lebih terampil dalam bertutur kata (retorika).

2# Mengembangkan Daya Imajinasi Anak
Dunia anak merupakan dunia imajinasi. Anak memiliki dunianya sendiri, sehingga  tak jarang kita temui mereka berbicara denga “teman khayalannya”. Adanya daya imajinasi yang luar biasa ini, semestinya diarahkan orang tua kearah yang positif. Daya imajinasi anak harus tetap terkontrol. Salah satu caranya adalah dengan cerita dongeng anak yang dibacakan orang tua kepada para buah hatinya saat menjelang tidur.

3# Membangkitkan Minat Baca Anak
Selain mampu meningkatkan keterampilan berbahasa dan mengembangkan imajinasi anak, cerita dongeng anak juga mampu membangkitkan minat baca anak. Cerita dongeng yang kita bacakan akan mampu menjadikan anak tertarik dan memiliki rasa penasaran. Rasa ini menjadikan mereka memiliki rasa ingin tahu. Ketika rasa ingin tahu sudah muncul, maka buah hati kita akan memiliki keinginan untuk membaca berbagai buku untuk menjawab rasa ingin tahunya. Itulah salah satu alasan kenapa cerita  dongeng anak sangat;ah penting bagi buah hati kita.


Selain ketiga manfaat itu, cerita dongen anak juga bermanfaat dalam membangun kecerdasan emosional anak serta membentuk rasa empati buah hati kita. Dengan mengetahu banyaknya manfaat cerita dongeng anak, apakah kita masih berpikir untuk tidak melakukannya?

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top