Kehamilan adalah salah satu anugerah yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Mengapa demikian? Kehamilan menjadi salah satu faktor penentu kebahagiaan rumah tangga. Tak sedikit rumah tangga harus kandas di tahun-tahun awal rumah tangganya karena belum hadirnya si buah hati.

Anugerah besar berupa kehamilan tentu saja harus senantiasa disyukuri. Bukan hanya itu, ibu hamil harus menjaga kehamilannya dengan sungguh-sungguh agar buah hati bisa terlahir dengan sehat dan selamat serta sang ibu pun tetap sehat  selama menjalani kehamilan hingga persalinan. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu hamil adalah kebiasaan meminum susu hamil.

Susu hamil memiliki peran yang besar dalam masa kehamilan seorang ibu. Kandungan dan manfaat minum susu hamil tak dapat kita abaikan begitu saja. Ibu hamil harus tercukupi kebutuhan gizi dan juga nutrisinya, karena ibu dan janinnya sangat membutuhkan berbagai nutrisi di masa kehamilannya. Salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah dengan meminum susu hamil.

Inilah Akibat Ibu Hamil Jarang Minum Susu Hamil



Akibat Jarang Minum Susu Hamil
Kebiasaan meminum susu hamil tidak selalu dapat dilakukan oleh setiap ibu hamil. Faktor kesibukan hingga faktor ekonomi kadang menjadi alasan ibu hamil tidak menambah nutrisinya dari susu hamil ini. Padahal jika kita mengetahui kandungan dan manfaat minum susu hamil maka kita akan berupaya sekuat tenaga agar ibu hamil dapat rutin meminum susu hamil. Ibu hamil yang jarang meminum susu hamil akan kehilangan berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin D, kalori, zat besi, asam folat, DHA, AHA, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Manfaat Nutrisi Bagi Ibu Hamil
Protein memiliki manfaat bagi ibu hamil, terutama bagi pembentukan jaringan pada tubuh janin. Protein ini dibutuhkan untuk pembentukan otot-otot serta menjaga kesehatan tulang janin. Selain itu, protein juga penting untuk pembentukan darah maupun pembentukan air ketuban. Protein juga berfungsi sebagai antibodi bagi ibu hamil dan janin.

Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Kalsium juga bermanfaat dalam melancarkan produksi Air Susu Ibu (ASI). ASI sangat dibutuhkan oleh buah hati di masa pertumbuhannya.

Vitamin D bermanfaat besar bagi ibu hamil karena dapat membantu pembentukan tulang dan jaringan sel pada bayi. Kalori menjadi sumber energi bagi ibu hamil. Ibu yang sedang hamil membutuhkan kalori sebesar 2400 kalori setiap harinya. Sedangkan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil. Selain itu, zat besi dapat membantu menguatkan ibu di saat persalinannya.

Asam folat bermanfaat dalam pembentukan organ pada janin serta untuk menghindari cacat tulang belakang maupun gangguan pertumbuhan otak bayi. AHA dan DHA sangat penting dalam penyusunan komponen sel otak janin. Selain berbagai nutrisi tersebut, nutrisi lain yang dibutuhkan dan terkandung dalam susu hamil  antara lain seng, vitamin A, fosfor, dan juga yodium.

Demikian kandungan dan manfaat meminum susu khusus hamil  bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat! Yuk, share tulisan ini!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top