Siapa yang tak ingin memiliki rumah hunian? Tentu saja setiap orang menginginkannya, bukan? Pemerintah memberi kemudahan kepada kita untuk memiliki rumah hunian di tahun 2016 ini melalui Program Sejuta Rumah. Apa dan bagaimanakah mekanisme Program Sejuta Rumah ini?

Program Sejuta Rumah memfasilitasi kita untuk memiliki perumahan murah di tahun 2016 ini. Kredit perumahan murah di berbagai daerah di Indonesia dapat kita nikmati melalui program ini. Program ini memang menyiapkan 1 juta rumah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Program Sejuta Rumah ini dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan target pasarnya. Kategori pertama diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), sedangkan kategori kedua bagi non-MBR.  Sebanyak 600.000 rumah dipasarkan bagi MBR dan 400.000 rumah lainnya dipasarkan bagi non-MBR.

Kedua kategori tersebut memiliki perbedaan dalam mekanismenya. Rumah yang dipasarkan bagi MBR dilengkapi dengan sistem KPR subsidi yang tentu saja meringankan kita. Sedangkan penjualan rumah non-MBR mekanismenya diserahkan sepenuhnya kepada pihak pengembang maupun bank selaku penyedia KPR. Dengan mekanisme ini diharapkan dapat membantu MBR dalam mewujudkan keinginannya memiliki rumah hunian. Dengan demikian kesejahteraan rakyat akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Inilah Mekanisme Program Sejuta Rumah 2016


Mengapa Diluncurkan Program Sejuta Rumah?
Program Sejuta Rumah digagas oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan kepemilikan rumah hunian saat ini. Tercatat 13,5 juta keluarga di Indonesia saat ini belum memiliki rumah hunian pribadi. Kebutuhan kepemilikan rumah hunian adalah kebutuhan asasi setiap orang, sehingga pemerintah meluncurkan program ini.

Banyak orang yang salah memahami Program Sejuta Rumah ini. Sama seperti program KPR biasanya, program ini mempersyaratkan sejumlah prosedur tertentu. Proses survei maupun serangkaian persiapan lainnya tetap harus kita penuhi sebelum memiliki rumah murah melalui program ini, meskipun biaya DP dan angsurannya murah dan terjangkau.

Program Sejuta Rumah ini juga didukung oleh Kementerian Keungan. Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro, menyampaikan bahwa Kementerian Keungan memberikan dukungan kepada program ini berupa lahan seluas 381 hektar (ha) dengan nilai perolehan Rp 1,43 triliun. Lahan yang merupakan aset eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) ini dihibahkan guna mendukung Program Sejuta Rumah yang digulirkan pemerintah.


 Demikian informasi mengenai Program Sejuta Rumah dari Pemerintah Republik Indonesia. Pastikan anda tak ketinggalan mendapatkan kredit perumahan murah ini. Bagaimana pun juga kepemilikan rumah adalah kebutuhan dasar setiap masyarakat. Ayo sebarkan informasi ini agar bermanfaat lebih luas!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top