Cuci Tangan Sebelum Makan
Saat kita masih kecil tentu sering disuruh oleh ibu untuk mencuci tangan setelah kita bermain atau sebelum makan, bukan? Nah, sebenarnya apa yang diperintahkan oleh ibu atau ayah kita itu adalah hal yang benar. Orang tua kita menginginkan kita selalu dalam keadan bersih dan sehat. Lalu apa hubungannya antara cuci tangan sebelum makan dan kesehatan? Inilah kupasannya!

Mengapa Harus Cuci Tangan Sebelum Makan, Inilah Rahasianya!

Manfaat Cuci Tangan Sebelum Makan
Makan dengan tangan secara langsung bagi kita bisa jadi adalah kenikmatan tersendiri. Terlebih ketika menu yang dihidangkan adalah menu tradisional, seperti nasi yang hangat dilengkapi lauk berupa tempe, tahu, lalapan beserta sambalnya. Tentu saja sendok dan garpu pun kita sisihkan ketika menghadapi menu seperti ini.

Kebiasaan makan dengan tangan secara langsung bisa memberikan dampak buruk bagi kita. Terlebih jika kita memiliki kuku yang panjang dan sebelum makan kita melakukan aktivitas yang dapat menjadikan tangan kita banyak kuman. Kita perlu waspada dalam hal ini. Bakteri atau kuman yang ada di tangan dapat menyebabkan berbagai penyakit pada diri kita.

Bakteri merupakan mikroorganisme yang sering dikhawatirkan menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Bakteri adalah makhluk hidup bersel satu yang banyak hidup di sekitar kita. Keberadaannya tidak dapat kita amati secara langsung karena bakteri bersel satu. Kita memerlukan alat untuk dapat melihat bakter ini, di antaranya adalah dengan menggunakan bantuan mikroskop. Karena itu, kita seringkali tidak sadar akan kehadiran bakteri. Banyaknya bakteri dalam tubuh dapat membahayakan kita. Bakteri dalam jumlah yang banyak ini dapat menyebabkan infeksi. Penyakit yang paling sering muncul adalah diare, yaitu infeksi pada saluran pencernaan.

Cara Mencuci Tangan Dengan Benar
Berbagai bakteri yang ada di tangan kita bisa kita bersihkan dengan melakukan cuci tangan secara benar. Kita bisa membiasakan hal ini, terutama sebelum makan. Lalu, bagaimana cara mencuci tangan dengan benar?
  • Cuci tangan pakai sabun, anda bisa menggunakan air hangat atau pun dingin.
  • Gosoklah kedua telapak tangan anda hingga berbusa dan pastikan semua bagian tangan anda terkena sabun.
  • Lalu bilas tangan anda sampai bersih. Jangan lupa keringkan dengan tisu, handuk atau alat pengering lainnya. Pastikan juga alat pengering ini bersih!
  • Tutuplah kran air menggunakan tisu atau handuk tadi agar kuman tidak kembali menempel di tangan anda.

Demikian informasi mengenai cuci tangan pakai sabun dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Ayo kita jaga kebersihan tangan kita agar sehat selalu!            

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top