Bulan Ramadhan tahun ini terasa begitu cepat. Tak terasa kini kita sudah berada di pertengahan bulan Ramadhan. Berbagai ibadah tentu mewarnai perjalanan bulan Ramadhan kita kali ini. Ibadah utama yang menjadi kewajiban yaitu puasa. Berbagai keutamaan ibadah puasa telah kita ketahui bersama.

Banyak orang yang memanfaatkan bulan puasa untuk sekaligus melakukan diet. Kebiaasan ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita. Ide diet saat puasa ini didasari oleh asumsi bahwa dengan melakukan puasa maka akan lebih bisa mengontrol asupan makanan, sehingga bisa menurunkan berat badan kita dengan mudah. Apakah faktanya memang demikian? Ternyata tidak selalu demikian. Puasa juga berpotensi menambah berat badan ketika kita tidak memahami cara menurunkan berat badan dengan puasa.       .

Inilah Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Tanpa menyadari  penyebab bertambahnya berat badan maka kita tidak akan bisa melakukan diet ketika puasa secara efektif. Sehingga, kita perlu memahami dengan benar berbagai penyebab bertambahnya berat badan. Kurangnya aktivitas dan olahraga sering menjadi penyebab utama bertambahnya berat badan. Selain itu, asupan makan yang selalu manis juga menjadi penyebab bertambahnya berat badan.

Berbagai tips diet sehat di saat bulan Ramadhan bisa kita akses di internet. Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan dengan puasa yang dapat kita lakukan.

1# Kontrol Sahur Anda
Sebagian orang berpikiran bahwa sahur adalah kesempatan untuk “menimbun” makanan sebanyak-banyaknya, karena akan menahan lapar seharian. Tanpa kita sadari kebiasaan ini justru akan menjadikan timbunan lemak dalam tubuh kita semakin banyak, sehingga akan membuat progam diet kita ketika puasa menjadi gagal.

2# Cek Menu Berbuka Anda
Nafsu makan biasanya meningkat di saat berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kita telah menahan lapar dan haus selama sehari penuh. Kebiasaan berbuka secara berlebihan bisa membuat berat badan menjadi bertambah. Apalagi jika berbuka dengan menu yang banyak mengandung gula. Kita bisa mencukupkan berbuka dengan kurma dan sayur-sayuran sebelum mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa. Cara diet ini dianjurkan oleh para ahli gizi agar berat badan kita bisa cepat turun.

3# Pastikan Asupan Cairan Tercukupi dan Lakukan Olahraga
Selain mengontrol sahur dan menu berbuka, hal yang harus kita perhatikan ketika melakukan diet di bulan puasa adalah tercukupinya kebutuhan asupan cairan. Umumnya kebutuhan cairan ini adalah 2 liter setiap harinya. Minuman yang mengandung kafein sebaiknya juga kita hindari agar berat badan kita lebih cepat turun. Olahraga rutin juga tetap harus kita lakukan. Jangan sampai puasa yang kita lakukan menjadikan kita malas melakukan aktivitas harian. Olahraga akan menjadikan tubuh kita sehat dan lebih bugar ketika menjalani puasa.

Demikian beberapa tips menurunkan berat badan saat puasa. Anda memiliki tips lainnya? Silahkan tambahkan di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top