Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan ini dinantikan karena banyaknya keberkahan di dalamnya. Hadirnya bulan Ramadhan diakui atau tidak akan mempengaruhi pola makan maupun gaya hidup kita.

Ibadah utama di bulan Ramadhan adalah ibadah puasa. Ibadah ini dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum maupun segala hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Ibadah puasa yang kita lakukan tentu saja akan mempengaruhi asupan nutrisi kita. Dengan dibatasi makan saat sahur dan berbuka maka metabolisme tubuh pun akan menyesuaikan asupan makanan yang kita konsumsi.

Inilah Tips Diet Sehat Selama Ramadhan


Bagi anda yang ingin tetap melaksankaan diet secara sehat di bulan Ramadhan, tips diet sehat berikut layak anda coba. Dengan melakukan diet secara sehat maka harapan kita dapat melaksanakan ibadah secara optimal dan tetap memiliki tubuh yang sehat.

Tips 1#  Atur jadwal makan selama bulan Ramadhan
Jika di luar bulan Ramadhan kita makan tiga kali dalam satu hari, maka di bulan Ramadhan pun kita dapat menjadwalkan makan seperti biasa. Tetapi, tentu saja bukan dengan melakukan makan di siang hari, he he... Kita dapat menganggap sahur adalah makan pagi, buka puasa adalah hidangan snack malam, dan makan setelah sholat magrib adalah makan malam. Dengan pengaturan demikian maka akan menyehatkan pencernaan kita. Kita juga harus menghindari gaya makan terburu-buru pada saat berbuka karena dapat menggagu kesehatan pencernaan.

Tips 2# Perhatikan kadar gula dalam makanan
Salah satu kebiasaan kita selama bulan Ramadhan adalah berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis. Biasanya berupa kolak, es buah, atau pun sirup. Kebiasaan ini ternyata tidak baik bagi kita, terutama penderita diabetes. Makanan maupun minuman yang terlalu manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kita dapat mengganti makanan dan minuman tersebut dengan makanan yang memiliki pemanis alami seperti kurma atau jus buah dengan tambahan sedikit gula. Aneka makanan dengan rasa manis yang berlebih juga dapat membuat selera makan kita menjadi hilang.

Tips 3# Pastikan makanan kaya serat
Makanan yang kita konsumsi sebaiknya adalah makanan karbohidrat kompleks yang kaya serat. Makanan jenis ini antara lain beras merah, buah-buahan, sayuran, roti gandum dan kacang. Makanan kaya serat sangat tepat disajikan di saat sahur. Serat makanan dapat meningkatkan kadar glukosa darah yang baik dan membantu menjaga kestabilannya. Makanan kaya serat juga dapat menetralkan tingginya kadar asam lambung dan mengurangi rasa sakit akibat berpuasa seharian.

Demikian tips diet sehat di bulan Ramadhan yang layak anda coba. Semoga tips ini bermanfaat dan kita dapat menjalani aktivitas selama Ramadhan dalam kondisi badan yang sehat. Share yuk!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top