Sepak Bola
Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Olah raga paling populer di dunia ini menjadi kesukaan hampir seluruh masyarakat dunia. Bukan hanya  pria, olah raga yang diikuti oleh 11 peserta setiap tim ini disukai juga oleh para wanita. Tengok antusias para remaja putri maupun ibu-ibu di sekitar kita ketika ada siaran pertandingan sepak bola di televisi. Antusias ini terlihat juga dari meriahnya para supporter di stadion yang tak hanya terdiri atas golongan “kaum Adam” saja, namun juga golongan “kaum Hawa”.

Kejuaraan Sepak Bola
Dalam rangka memenuhi “kehausan” para penggemar akan pertandingan sepak bola, berbagai kejuaraan sepak bola pun di gelar.  Kejuaraan sepak bola terbesar saat ini adalah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Piala Dunia ini digelar setiap empat tahun sekali. Piala dunia pertama kali dilangsungkan di Uruguay pada tahun 1930. Pencetus ide kejuaraan ini adalah Jules Rimet. Siapakah Jules Rimet? Dia adalah seorang pengacara dan pengusaha Perancis. Idenya mengenai piala dunia terinspirasi dari Olimpiade Paris tahun 1924.

Selain piala dunia, kejuaraan sepak bola bergengsi lainnya yaitu Piala Eropa. Piala Eropa pertama kali digelar tahun 1960 dengan nama European Nations' Cup. Sebutan untuk piala Eropa selanjutnya adalah UEFA European Championship (Piala Eropa atau EURO).

Piala Eropa 2016
Piala Eropa 2016 atau yang dikenal sebagai UEFA Euro 2016 atau Euro 2016, saat ini merupakan kejuaraan sepak bola Eropa UEFA yang ke-15. Kompetisi ini digelar setiap empat tahun sekali. Piala Eropa 2016 dilangsungkan di Perancis saat ini, dimulai dari tanggal 10 Juni sampai dengan 10 Juli 2016 mendatang. Spanyol sebagai juara bertahan saat ini mempertaruhkan prestasinya di ajang bergensi ini.

Liputan Kemeriahan Piala Eropa 2016


Berbeda dengan Piala Eropa sebelumnya yang hanya diikuti oleh  16 tim sejak tahun 1996, Piala Eropa 2016 saat ini diikuti oleh 24 tim.  Sehingga, berdasarkan hal ini maka setiap tim akan dibagi ke dalam 6 grup berbeda dengan sistem gugur termasuk babak tiga besar dan final. Keenam group dalam Piala Eropa tersebut adalah sebagai berikut:
  • Group A: Perancis, Rumania, Albania, dan Swiss
  • Group B: Inggris, Rusia, Wales, dan Slowakia
  • Group C: Jerman, Ukraina, Polandia, dan Irlandia Utara
  • Group D: Spanyol, Ceko, Turki, dan Kroasia
  • Group E: Belgia, Italia, Republik Irlandia, dan Swedia
  • Group F: Portugal, Islandia, Austria, dan Hongaria


Perancis terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Eropa 2016. Terpilihnya Perancis sebagai tuan rumah telah melewati masa proses pemilihan yang mengalahkan Italia dan Turki sebagai tuan rumah. Pertandingan Piala Eropa 2016 berlangsung di sepuluh stadion di sepuluh kota seperti: Bordeaux, Lens, Lille, Lyon, Marseille, Nice, Paris, Saint-Denis, Saint-Étienne, dan Toulouse. Perancis telah menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya, setelah turnamen perdana di tahun 1960 dan final tahun 1984. Kehebatan Tim Perancis ditunjukkan dengan kemenangan yang diraih pada Piala Eropa di tahun 1984 dan 2000.

24 tim sepak bola peserta Piala Eropa 2016 akan berebut menjadi yang terbaik. Tim yang berhasil lolos sebagai pemenang berhak untuk mengikuti kompetisi di Piala Konfederasi FIFA 2017 yang akan dilangsungkan di Rusia. Di Indonesia, Piala Eropa 2016 disiarkan langsung oleh iNews TV, RCTI, MNCTV, Global TV, MNC Sports dan Indovision. Kita juga dapat mengakses info terkini di portal berita Piala Eropa 2016 Sindonews. Siapakah pemenang Piala Eropa 2016 ini? Simak terus beritanya ya!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top