Apa Itu Hipertensi?
Siapa yang tak mengenal hipertensi? Hipertensi atau sering dikenal sebagai tekanan darah tinggi merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah pada dinding arteri. Hipertensi bisa diketahui melalui gejala umum yang muncul maupun dengan melakukan pengukuran tekanan darah. Kita bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah di tempat prakte dokter, puskesmas, rumah sakit maupun tempat lainnya. Kini banyak juga apotik yang melayani pemeriksaan tekanan darah. Tulisan ini membahas mengenai gejala hipertensi dan tips menurunkannya.

Gejala Hipertensi
Penyakit hipertensi berbeda dengan penyakit lainnya. Penyakit ini cenderung tidak memiliki gejala yang pasti sehingga kebanyakan orang yang mengidap tidak menyadarinya. Gejala umum yang kadang muncul biasanya adalah sesak napas, sakit kepala yang berkepanjangan, pandangan kabur, penglihatan ganda, dan juga mimisan. Solusi pasti untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan pengecekan atau mengukur tekanan darah di tempat layanan kesehatan.

Inilah Gejala Hipertensi dan Tips Menurunkannya


Penderita Hipertensi
Penduduk Indonesia yang menderita hipertensi mencapai 25,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk. Data ini didasarkan pada data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan pada tahun 2013 terhadap penduduk berusia di atas 18 tahun. Ternyata, berdasarkan data tersebut penderita hipertensi dengan jenis kelamin perempuan lebih banyak dibanding penderita laki-laki. Data riset juga menunjukkan banyaknya penderita hipertensi yang tidak terjangkau maupun terdiagnosa oleh tenaga kesehatan. Artinya, penderita ini tidak menjalani pengobatan sesuai apa yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan. Data tersebut menunjukkan hipertensi sebagai salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia saat ini.

Penyebab hipertensi tidak diketahui secara jelas. Beberapa faktor yang diduga turut mempengaruhi peningkatan risiko hipertensi adalah: (1) berusia di atas 65 tahun; (2) kelebihan berat badan, (3) terlalu banyak mengkonsumsi garam, (4) kurangnya suplai buah-buahan dan sayuran, (5) memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi, (6) kurang berolahraga, (7) terlalu banyak minum kopi, dan (8) sering mengkonsumsi minuman keras.

Tips Menurunkan Hipertensi
Cara menurunkan hipertensi dapat dilakukan dengan mengubah faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab hipertensi di atas serta menerapkan gaya hidup sehat. Para penderita hipertensi juga perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin sebagai langkah diagnosis awal. Dengan dilakukannya diagnosis hipertensi lebih dini maka dapat memudahkan kita dalam menurunkan tekanan darah. Kunci dari semua ini adalah menerapkan gaya hidup sehat serta membatasi konsumsi obat.

Demikian ulasan mengenai gejala hipertensi dan tips menurunkannya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat semoga kita bisa dijauhkan dari penyakit hipertensi ini. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top