Bandung. Apa yang Anda ketahui jika mendengar kata Bandung? Pastilah langsung teringat dengan tempat wisatanya yang mengasyikkan. Di sebelah selatan Kota Bandung ini terdapat Kecamatan yang kaya akan tempat wisata yang sangat seru. Kecamatan ini adalah Kecamatan Ciwidey yang masuk ke Kabupaten Bandung.

            Berikut beberapa tempat wisata terkenal yang bisa menjadi referensi Anda berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

1.    Situ Patengang
Situ Patengang merupakan suatu objek wisata berupa danau yang berada di tengah perkebunan Rancabali. Danau ini berada pada ketinggian 1600 mdpl dengan luas 45.000 hektar. Nama Situ Patengang ini berasal dari bahasa sunda yang berarti danau mencari. Menurut kisah mitos yang beredar, terdapat dua insan yang saling mencintai. Mereka adalah Dewi Rengganis dan Ki Santang. Namun, suatu ketika mereka terpisah dalam waktu yang cukup lama. Karena mereka saling mencintai, akhirnya mereka saling mencari satu sama lain dan kemudian bertemulah mereka di tempat yang saat ini disebut dengan Batu Cinta. Kemudian berdasarkan cerita, Dewi Rengganis meminta permintaan kepada Ki Santang untuk dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk mereka berdua bisa mengelilingi danau bersama. Danau inilah yang disebut Situ Patengang dan perahu ini disebut Pulau Asmara. Pulau ini berada di tengah danau dan ditumbuhi dengan banyak pohon-pohon yang rindang.

Anda bisa menyewa sebuah perahu untuk dinaiki bersama dengan keluarga, teman maupun orang terkasih. Harga sewa perahu berbeda-beda tergantung ukuran perahu yang di sewa. Sebaiknya kalau ingin murah, Anda bisa pergi berombongan ke Situ Patengang. Pemandangan sekaligus udara yang sejuk membuat berwisata ke tempat ini sangat mengasyikkan. Anda bisa dengan puas mengelilingi danau dan jangan lupa untuk berfoto bersama, namun harus berhati-hati bila camera Anda tidak ingin terjatuh.

Anda juga bisa menuju Batu Cinta dan Pulau Asmara bersama orang terkasih. Menurut cerita yang beredar Anda akan menjadi sepasang kekasih yang cintanya abadi. Harga tiket masuk ke kawasan Situ Patengang cukup terjangkau dengan kantong Anda apalagi bila Anda adalah seorang mahasiswa, yaitu cukup membayar Rp. 15.000 per orangnya. Dan Anda akan membayar tarif parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi beroda dua Rp. 3.500, kendaraan beroda empat atau mobil pribadi Rp. 11.000 dan untuk bus pariwisata akan dikenakan tarif sebesar Rp. 22.000.

Fasilitas yang disediakan di Situ Patengang adalah rumah makan, gazebo untuk bersantai dan mengobrol, musholla, penyewaan perahu, permainan sepeda air, toko buah maupun toko oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di sana juga banyak warung makan yang bisa Anda pilih sesuai menu makanan kesukaan Anda. Jika Anda membawa makanan sendiri dari rumah dan tidak membawa tikar, di sana disediakan fasilitas penyewaan tikar yang harga satu tikarnya adalah Rp. 10.000.


Sumber: http://www.initempatwisata.com

2.    Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Ciwidey lebih tepatnya di Rancabali kira-kira sekitar 44 km dari Kota Bandung. Yang membuat unik danau ini adalah warna air danau yang berwarna putih dan dikelilingi dengan batu-batu kapur yang berwarna putih pula. Di depan danau berdiri tegak sebuah tebing batu kapur yang berwarna kelabu yang ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan terutama lumut.

Di kawah putih ini terdapat banyak makam para leluhur seperti Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, dan masih banyak eyang yang lain. Menurut mitosnya, para leluhur tersebut sering berkumpul di kawah dan mengadakan rapat pertemuan di Puncak Kapuk. Harga tiket masuk ke kawah putih ciwidey adalah Rp. 15.000 per orang. Untuk Anda yang ingin mencapai puncak jarak yang harus ditempuh adalah 5 km. Anda bisa menaiki ontang-anting, sejenis mobil yang akan mengantarkan Anda ke puncak dengan membayar uang sebesar Rp. 10.000 untuk fasilitas pulang dan pergi.

Tempat parkir yang ada di kawasan ini ada dua tempat di gerbang masuk kawah dengan parkir yang ada di puncak. Tentu saja tarif yang dikenakan untuk biaya parkir berbeda. Tarif parkir di bawah adalah Rp. 5.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp. 6.000 untuk kendaraan beroda empat. Sedangkan untuk parkir di area atas akan dikenakan tarif sebesar Rp. 150.000.


Sumber: http://www.infopedia.web.id

      Setelah Anda mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Situ Patengang dan Kawah Putih di Ciwidey, Anda dapat membeli oleh-oleh di sekitaran tempat wisata tersebut. Oleh-oleh seperti peuyeum Bandung, Brem, kerajinan tangan seperti tas, sendal, sepatu, gantungan kunci, kue-kue seperti talas bogor, brownies, dan masih banyak makanan khas Bandung lainnya.


Di sekitar tempat wisata juga terdapat banyak tempat penginapan ataupun hotel-hotel berbintang yang bisa Anda pesan di Traveloka dengan mengklik link disini untuk menginap selama Anda berlibur ke Ciwidey. Jadi, persiapkan segala keperluan libur Anda juga informasi yang sangat Anda butuhkan jika sudah sampai ke tempat tujuan. Selamat Berlibur dan Have Fun!
           

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top