Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para guru untuk menjadi penulis soal nasional. Peluang ini dibuka dengan dilatarbelakangi oleh pentingnya penilaian dalam menentukan arah pembelajaran di sekolah. Penilaian yang berkualitas mendorong pembelajaran menjadi berkualitas. Oleh karena itu, instrumen penilaian merupakan faktor penentu kualitas pendidikan.

Kemdikbud melalui Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan membuka peluang bagi para guru yang memiliki komitmen untuk menjadi penulis soal nasional untuk bersama-sama menghasilkan instrumen penilaian yang berkualitas, demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Ketentuan Calon Penulis Soal Nasional
Peluang menjadi penulis soal nasional dibuka bagi guru pada  jenjang SMP/MTs ( Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi. PKn), guru jenjang SMA/MA (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Antropologi, PKn), serta guru jenjang SMK ( Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Persayaratan tersebut dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.

Persyaratan lainnya yaitu berpengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun; minimal lulusan S1/D4 dari jurusan yang sesuai dengan bidang studi yang diampu; mampu menggunakan komputer, internet, dan program pengolah kata Microsoft Word; tidak mengajar dan berafiliasi dengan bimbingan belajar; berkomitmen menulis soal berkualitas untuk peningkatan mutu pendidikan; berkomitmen menjaga kerahasiaan soal beserta seluruh perangkat terkait upaya mencapai penilaian yang berkualitas.



Tata Cara mendaftar
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi biodata secara online pada web Seleksi.id . Pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 1 s.d. 10 Mei 2016.

Penguman Hasil Seleksi
Hasil seleksi penulis soal nasional akan diumumkan melalui email pada tanggal 20 Mei 2016. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikian informasi mengenai Seleksi Penulis Soal Nasional Kemdikbud. Semoga bermanfaat! 


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top