Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di belahan bumi mana pun. Umat Islam meneladani Rasulullah Muhammad SAW dalam menyambut bulan Ramadhan. Berbagai persiapan dilakukan untuk dapat beribadah dengan optimal di bulan Ramadhan. Persiapan yang perlu dilakukan antara lain:
Persiapan fisik
Persiapan fisik perlu dilakukan dengan menyiapkan badan yang sehat, sehingga kita tidak berada dalam kondisi yang sakit ketika bertemu Ramdhan. Puasa dan segala ibadah di bulan Ramadhan menuntut stamina dan kondisi badan yang fit. Sehingga, persiapan fisik dalam menyambut bulan Ramadhan sangat perlu dilakukan. Misalnya, dengan menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, serta berolahraga.

Persiapan Ruhani
Persiapan ruhani atau ruhiyah perlu dilakukan, terutama bagi anak-anak kita. Anak-anak perlu dikenalkan pentingnya puasa dan tips-tips yang dapat meningkatkan motivasinya dalam beribadah.

Persiapan Ilmu
Selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu persiapan ilmu. Kita semestinya kembali mempelajari segala sesuatu tentang puasa, mulai dasar perintahnya, rukun-rukunnya, hal yang diperbolehkan serta tidak, hal yang membatalkan, sunnah puasa, dan sebagainya. Sehingga, ibadah kita bisa lebih optimal.

Persiapan Pakaian
Pakaian menjadi sarana tersendiri yang mesti kita persiapkan dengan baik. Ibadah puasa berbeda dengan ibadah lainnya. Ibadah ini akan kita jalani dalam waktu yang cukup lama, yaitu satu bulan. Sehingga, sarana berupa pakaian untuk ibadah pun perlu kita persiapkan dengan baik. Jangan sampai ibadah terganggu karena tidak adanya persiapan pakaian untuk beribadah.

Makna Baju Lebaran
Puncak dari ibadah di bulan Ramadan adalan lebaran atau hari Idul Fitri. Setiap umat Islam merayakan datangnya hari raya ini karenanya kita semua kembali menjadi suci. Budaya yang ada di bangsa kita saat lebaran yaitu budaya saling memaafkan serta berkunjung ke kerabat maupun saudara saat lebaran.
Lebaran sebagai bentuk perayaan kemenangan umat Islam setelah melakukan ibadah puasa selama 30 hari. Biasanya kita akan memakai baju lebaran baru ketika saling berkunjung ke kerabat maupun saudara. Baju lebaran keluarga biasanya identik dengan nuansa Islami. Baju lebaran seakan memberi makna bahwa setelah berpuasa selama satu bulan maka di hari raya lebaran umat Islam terlahir kembali seperti terlahir lagi. Baju baru lebaran yang bersih dan indah melambangkan bagaimana barunya diri seseorang dan hatinya pun bersih.

Koleksi Baju Lebaran
Ada baiknya kita mulai menyiapkan koleksi baju lebaran sejak sekarang. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Persiapan baju lebaran yang lebih awal akan menjadikan kita lebih fokus dalam beribadah selama bulan Ramadhan. Artinya, di tengah berjalannya bulan Ramadhan kita tidak akan terganggu lagi oleh aktivitas persiapan baju lebaran.

Inilah Tips Menyambut Bulan Ramadhan


Kita dapat menikmati diskon koleksi baju lebaran yang ditawarkan melalui belanja online. Belanja online memudahkan kita, sehingga tak perlu ribet berkunjung ke toko secara langsung. Apalagi bagi anda yang memiliki profesi atau pekerjaan yang menuntut waktu lebih.


Demikian tips menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan serta dapat beribadah secara optimal di bulan Ramadhan nanti. Semoga bermanfaat!

1 comments:

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top