Sistem pembayaran semakin berkembang dari waktu ke waktu. Jika sebelumnya hanya ada sistem pembayaran bersifat tunai, kini muncul sistem pembayaran non tunai karena pengaruh teknologi. Sistem pembayaran non tunai cukup populer karena kelebihannya yang bisa mengamankan uang dari tindak pencurian serta tidak merepotkan pemiliknya karena sistem alat pembayaran non tunai tidak menampakkan bentuk uang secara nyata.

Berbagai Macam Jenis Alat Pembayaran Non Tunai


Jenis alat pembayaran non tunai sangat banyak macamnya. Namun, secara garis besar alat pembayaran bersifat non tunai terbagi menjadi tiga kelompok yaitu berbasis warkat, berbasis kartu dan elektronik. Berikut beberapa alat pembayaran yang bersifat non tunai:

Kartu kredit
Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang bersifat non tunai. Sistem pembayaran yang digunakan kartu kredit adalah pemilik kartu kredit melakukan transaksi dengan menggunaakan uang pinjaman dari bank. Kartu kredit tidak memilki fungsi penyimpanan seperti kartu ATM sehingga dengan kata lain, pemilik kartu kredit meminjam uang atau berhutang uang dari bank. Kemudian bank akan memberikan tagihan yang harus dibayar oleh pemiliki kartu kredit.

Kartu ATM
Kartu ATM merupakan kartu yang diberikan bank kepada orang yang memiliki rekening pada bank tersebut. Kartu ATM dapat digunakan untuk bermacam hal seperti transfer uang, cek saldo dan mengambil uang dari mesin ATM. Kartu ATM memungkinkan pemilik rekening untuk bisa melakukan hal-hal tersebut tanpa harus datang ke bank untuk dilayani teller.

Uang elektronik
Uang elektronik atau disebut juga uang digital merupakan jenis uang yang tidak terlihat bentuk nyatanya. Namun, uang elektronik bisa bertambah dan berkurang tergantung dari pemiliknya. Uang elektronik biasanya dipakai untuk transaksi secara online di internet.

Beberapa contoh jenis alat pembayaran non tunai di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, Dompetku Plus merupakan alat pembayaran bersifat non tunai yang bisa dijadikan pilihan. Dompetku Plus menawarkan berbagai kemudahan dan fasilitas yang dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Dengan Dompetku Plus, Anda bisa merasakan mudahnya transaksi.



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top