Memanfaatkan fasilitas internet yang ada di rumah untuk menjalankan bisnis adalah salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menyiasati keterbatasan modal dalam berbisnis. Meskipun modal relatif kecil, bukan berarti bisnis online rumahan tidak memiliki prospek usaha yang tinggi. Pada dasarnya, ada banyak pilihan bisnis online yang dapat dijalani di rumah mengandalkan modal yang minim namun hasilnya sangat efektif bila usaha ditekuni dengan baik. Selain itu, bisnis rumahan yang dilakukan secara online juga memiliki peluang usaha yang potensial dan bisa dijadikan sumber mata pencaharian utama jika pengelolaannya dilakukan semaksimal mungkin.

Bisnis Online Rumahan

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk memulai usaha online rumahan dengan modal yang kecil yaitu dengan memilih jenis usaha yang akan dijalani. Karena modal yang tersedia terbilang minim, maka pemilihan jenis usaha harus dilakukan secara selektif agar modal yang dimiliki dapat diputar dan dikelola untuk menghasilkan profit bisnis yang tinggi. Dalam memilih jenis bisnis online yang akan Anda tekuni, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini, yaitu:

  1. Keahlian yang Anda miliki.
  2. Modal berbisnis.
  3. Peluang dan potensi usaha yang akan dijalani.
  4. Cara pengelolaan bisnis.
  5. Resiko dan daya saing bisnis bermodal kecil.

Beberapa faktor di atas patut diperhitungkan dalam memilih usaha online sampingan yang akan Anda jalani karena masing-masing faktor tersebut dapat memberi pengaruh terhadap kelangsungan usaha yang nantinya ditekuni. Dari sekian banyak pilihan bisnis rumahan yang bisa dijalani secara online, berikut ini beberapa pilihan rekomendasi bisnis modal kecil yang dapat Anda jalani, yaitu:

  • Berjualan dengan sistem dropship.
Menjadi seorang dropshipper produk pakaian, kosmetik, sepatu, tas dan lain-lain adalah salah satu jenis bisnis online rumahan yang dapat Anda jalankan dengan modal minim. Bahkan untuk menekuni bisnis yang satu ini, Anda tak perlu mempersiapkan dana investasi karena berjualan dapat dilakukan tanpa harus memiliki stok barang itu sendiri. Artinya, Anda hanya perlu memasarkan produk secara online dan menghubungi pihak supplier produk yang akan mengirimkan pesanan tersebut langsung pada pelanggan bila ada yang membeli.

  • Membuka jasa konsultasi online.
Bisnis yang satu ini dapat Anda lakukan sejalan dengan keahlian yang Anda miliki. Misalnya bila Anda memiliki keahlian dalam bidang digital marketing, Anda dapat membuka jasa konsultasi pemasaran digital sesuai keahlian yang ditekuni. Selain itu, beberapa keahlian seperti keahlian dalam bidang gizi, bisnis dan lain-lain juga dapat dijadikan sebagai modal bisnis online yang dilakukan di rumah dengan modal yang terbilang kecil.

  • Menawarkan jasa SEO atau pembuatan website.
Keahlian yang Anda miliki dalam menciptakan konten berbasis SEO dan website yang profesional seharusnya dimanfaatkan dengan baik sebagai peluang bisnis. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan usaha online rumahan yang menghasilkan banyak keuntungan jika modal keahlian yang dimiliki dimanfaatkan secara efektif. Sebab, peluang jasa SEO dan pembuatan website saat ini sangatlah tinggi dan dicari banyak pihak untuk kepentingan masing-masing.


Itulah berbagai macam pilihan bisnis online rumahan yang bisa dijalankan mulai saat ini. Pemilihan jenis usaha yang tepat sangatlah penting. Begitu pula pemanfaatan dan pengelolaan modal yang baik menjadi kunci utama yang harus diprioritaskan dalam menekuni sebuah bisnis. Manfaatkanlah modal yang Anda miliki dengan sebaik mungkin sehingga peluang bisnis yang terbuka lebar dapat menghasilkan banyak keuntungan usaha yang bonafit.

2 comments:

  1. Thanx pak... tambah semangat pengen berbisnis nih...

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top