Laptop kini tidak lagi menjadi barang istimewa yang hanya dimiliki segelintir orang. Laptop sudah menjadi peralatan elektronik yang dibutuhkan banyak pihak. Berbagai merk laptop hadir di pasaran memenuhi kebutuhan kita. Kita bisa memilih laptop dengan harga laptop sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Laptop merupakan peralatan elektronik yang bisa rusak jika tidak kita gunakan dan rawat dengan baik. Seringkali kita mendengar laptop rusak karena terkena tumpahan air minum  atau pecah LCD/layarnya karena ada barang di keyboard ketika melipat laptop dan sebagainya.


Beberapa tips berikut dapat kita terapkan agar laptop atau notebook yang kita miliki tidak cepat rusak:

Gunakan tas khusus untuk membawa laptop
Laptop sebaiknya dibawa dengan menggunakan tas khusus yang sering disebut tas laptop. Tas laptop sudah didesain khusus untuk membawa laptop atau notebook. Penggunaan tas sembarang yang tidak dilengkapi bantalan khusus untuk laptop tidak menjamin laptop kita dari benturan, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan laptop.

Jangan biasakan makan dan minum di dekat laptop
Aktivitas makan dan minum di dekat laptop dapat mengakibatkan laptop mudah rusak, terutama bila makanan atau minuman tersebut tumpah mengenai  keyboard laptop. Sehingga perlu dihindari aktivitas makan atau minum di dekat laptop. Minuman atau makanan yang tumpah dan mengenai keyboard dapat masuk dan merusak komponen laptop kita.

Jangan meletakkan laptop di sembarang tempat
Laptop yang diletakkan secara sembarangan dapat menjadi ancaman tersendiri. Misalnya laptop yang diletakkan di lantai dapat terkena debu yang beterbangan, hingga kemungkinan terinjak anak kecil dan atau binatang peliharaan. Sehingga, perlu kewaspadaan dalam meletakkan laptop yang kita miliki. Contoh lainnya yaitu meletakkan laptop di atas tumpukan buku. Hal ini dapat membahayakan laptop, terutama ketika buku diambil tanpa mengetahui adanya laptop di atas tumpukan buku itu.

Jangan sembarangan download software
Berbagai software ditawarkan secara gratis di internet. Mulai dari software yang full gratis hingga software yang dilengkapi dengan serial number (SN) atau pun crack. Pemilihan software yang sembarangan dapat menjadi ancaman tersendiri berupa virus atau pun mallware. Software yang sudah ada dalam paket pembelian laptop  dan software yang legal menjadi solusi dalam hal ini, meskipun harga mahal harus kita bayar.

Lengkapi laptop dengan antivirus
Berbagai virus komputer kini muncul dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Anti virus pun juga berkembang mengikuti perkembangan virus yang tak tertahankan. Update anti virus secara berkala menjadi solusi dalam hal ini. Anda dapat memilih anti virus yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Bersihkan laptop secara rutin
Laptop yang kotor dapat memicu kerusakan, terutama pada keyboard. Beberapa tombol keyboard bisa jadi tidak berfungsi dengan baik ketika terdapat kotoran pada keyboard. Sehingga, bersihkan laptop secara kontinyu untuk menjaga laptop agar tidak cepat rusak.

Demikian beberapa tips untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak. Anda punya tips lainnya? Silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!



2 comments:

  1. Bermanfaat, terima kasih tipsnya.Btw kalo laptop sering nge blank itu gmn ya

    ReplyDelete
  2. makasih nih gan atas infonya, sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang hampir 18 jam megang lapotop, hehehe
    salam kenal

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top