Mau menyajikan data atau informasi secara menarik?
Bosan dengan cara penyajian informasi yang monoton?
Inilah Solusinya!

Mengenal Infografis
Infografis merupakan bentuk penyajian data dengan konsep visual yang terdiri dari teks dengan tambahan gambar-gambar ilustrasi yang menarik. Umumnya infografis mempunyai prosentase gambar visual yang lebih banyak dibandingkan informasi teks.


Keuntungan menyajikan informasi atau data menggunakan infografis yaitu banyaknya manfaat yang tidak dimiliki oleh penyajian data secara konvensional. Informasi yang disajikan melalui gambar visual dinilai lebih mudah dipahami dan lebih menarik daripada informasi tekstual. Otak manusia sejak zaman dahulu juga sudah sangat terbiasa dengan sajian informasi dalam bentuk visual, seperti peninggalan-peninggalan masa pra sejarah berupa simbol-simbol atau gambar visual.

Cara Membuat Infografis
Cara membuat infografis tidak sesulit yang kita bayangkan. Semula saya pun berpikir harus bisa dan mahir menggunakan software grafis seperti Corelldraw atau Photoshop, ternyata tidak juga. Kini banyak website penyedia layanan pembuatan infografis mulai dari yang free alias gratis sampai yang berbayar. Salah satu website penyedia layanan pembuatan infografis adalah Pictochart. Cara membuat infografis dengan layanan Pictochart adalah sebagai berikut.
Pertama, masuk ke Pictochart lalu buat akun dengan email atau akun Facebook anda. Setelah selesai silahkan login.
Kedua, pilih menu Pikto Template dan tentukan template yang anda pilih. Template memuat desain dan layout berbagai infografis.


Ketiga, setelah template kita pilih maka silahkan edit teks dengan tulisan atau informasi yang akan disampaikan. Jenis, ukuran, maupun style font bisa kita ubah di menu edit font sebelah atas layar komputer kita.
 

Keempat, untuk mengubah icon pada infografis silahkan pilih icon yang ada di menu ICONS sebelah kiri layar. Anda pun dapat mengubah warna icon tersebut agar sesuai dengan template yang sebelumnya dipilih.


Setelah selesai silahkan klik menu DOWNLOAD untuk mengunduh infografis yang baru saja dibuat. Mudah bukan?

Demikian tutorial mengenai cara membuat infografis. Semoga bermanfaat, silahkan share agar lebih bermanfaat lebih luas!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top