Tutorial mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2 kita lanjutkan kembali pembahasannya. Kita akan kembali menggunakan Construct 2, yaitu software yang dikembangkan oleh Scirra. Seperti yang kita ketahui, software ini tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game atau aplikasi diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi pada smartphone dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.
Pada tutorial bagian 5 telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan memberi tombol navigasi di setiap layout. Dengan tombol navigasi tersebut kita bisa beralih dari satu layout ke layout lainnya. Tutorial bagian 6 ini akan membahas langkah selanjutnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android. Mari kita lanjutkan belajar kita mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2.

Setelah tombol navigasi di setiap layout sudah kita pasang, sekarang kita lanjutkan dengan menuliskan konten pada setiap layout. Kita mulai dengan mengisi materi pelajaran pada layout Materi. Untuk menyederhanakan tutorial ini maka materi pelajaran dibuat hanya dalam satu layout. Anda bisa menambahkan lebih dari satu layout materi untuk menuliskan konten materi secara lebih lengkap. Untuk menulis konten materi silahkan pilih layout Materi. Materi berupa teks dituliskan dengan klik  kanan pada layout Materi kemudian pilih Insert new object selanjutnya pilih Text.

Jika anda menghendaki menambahkan gambar pada materi maka klik Sprite kemudian pilih gambar yang dikehendaki. Berikut contoh penulisan konten materi pelajaran berupa teks.
Pengaturan teks yang dituliskan dilakukan di properties text. Konten berupa teks dapat duliskan di Microsoft Word terlebih dahulu, baru di copy ke properties bagian Text. Kita dapat mengatur jenis, ukuran, dan warna hurufnya pada properties bar. Pada contoh di atas kita memilih font Arial berukuran 20 dengan warna hitam.
Sampai dengan langkah ini maka anda telah berhasil menuliskan konten materi pelajaran pada layout Materi. Tutorial selanjutnya akan kita bahas mengenai cara membuat latihan soal iinteraktif pada media pembelajaran berbasis android. Di akhir tutorial akan kita bahas cara membuat soal evaluasi dengan penskoran serta cara mengekspor proyek kita menjadi APK. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tutorial ini bermanfaat!         

Bersambung....

6 comments:

  1. trims sambungan sudah di posting... semangat meskipun sibuk dengan aktivitas......kerja

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan membantu banget, oya saya boleh minta postingan tutorial selanjutanya ga??

    ReplyDelete
  3. thnkas mas bermanfaat banget buat saya, oya saya boleh minta tutorial berikutnya ga mas

    ReplyDelete
  4. Wahhh... baru tau saya..
    harus memulai dari bagaian 1 dulu...
    posting yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. di tunggu banget untuk cara membuat score nya

    ReplyDelete
  6. mantep dan sangat bermanfaat gan utnuk bahan skripsi sya tentang media pembelajaran berbasis android, thanks banget, lebih mantep kalo ana vidio tutornya juga gan, lanjutkan karyanya,

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top