Tutorial kali ini akan melanjutkan pembahasan mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2. Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya. Persiapkan kembali software Construct 2, yaitu software yang dikembangkan oleh Scirra. Software ini tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.
Pada tutorial bagian 4 telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan memberi perintah navigasi pada setiap tombol pada layout Menu yang kita tempatkan di Evensheet Menu. Tutorial bagian 5 ini akan membahas langkah selanjutnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android.
Pada layout Cover tambahkan tombol Mulai. Tombol ini kita gunakan sebagai tombol navigasi paling awal dari layout Cover ke layout Menu.  Beri nama Tombol_Mulai pada properties untuk memudahkan kita dalam memberikan perintah di tombol ini. Jika langkah anda benar maka tampilannya adalah sebagai berikut.


Selanjutnya, pada eventsheet Cover berikan perintah atau event pada Tombol_Mulai berupa navigasi ke layout Menu. Artinya, begitu tombol mulai disentuh maka layout akan beralih dari Cover ke layout Menu. Cara memberikan event pada tombol ini sama dengan tombol-tombol lainnya yang telah dibahas pada tutorial bagian 4. Jika langkah anda benar maka pada eventsheet Cover terdapat event sebagai berikut.
Untuk memudahkan navigasi dari layout Materi, Latihan, dan Evaluasi tambahkan tombol navigasi menuju layout Menu sekaligus beri text di bagian atas layout tersebut sebagai judul layout, misalnya sebagai berikut.
Copy text judul layout dan Tombol_Menu tersebut ke layout Latihan dan Evaluasi. Kemudian berikan perintah atau event di masing-masing eventsheet berupa Go to layout Menu sebagai berikut.

Jangan lupa ubah text judul pada layout Latihan dan Evaluasi sesuai nama layoutnya. Untuk memastikan posisi text judul dan Tombol_Mulai di layout Materi, Latihan, dan Evaluasi sudah sama dapat dilakukan dengan melihat Position pada Propertiesnya.
Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan, silahkan coba menjalankan aplikasi yang kita buat di browser. Untuk mejalankan aplikasi di browser klik Run layout yang ada di bagian atas menu. Jangan lupa untuk mengatur jenis preview browser di bagian properties terlebih dahulu. Pada tutorial ini browser yang dipilih adalah Opera, anda dapat memilih browser lainnya sesuai yang terinstal di laprop atau komputer anda, misalnya Chrome, Internet explorer, Firefox dan sebagainya.
Sampai dengan langkah ini maka anda telah memiliki aplikasi yang sudah dapat dijalankan di browser laptop atau komputer. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga tutorial ini bermanfaat!   


Bersambung....

4 comments:

  1. mantap tutorialnya, saya tunggu postingan berikutnya......trims

    ReplyDelete
  2. semoga tidak bosan mengetiknya dan di beri kesehatan, saya tunggu postingan berikutnya sampai komplit semua, rekomended untuk yang baru belajar buat aplikasi...........mantap.

    ReplyDelete
  3. Terus semangat, bu Aries...

    Terima kasih doanya @cakbendi, semoga bermanfaat... teruslah berkarya...

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top