Kejenuhan mengerjakan tesis atau skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir adalah hal yang lazim terjadi. Berbagai cerita mengenai kejenuhan ini sering kita dengar, mulai dari malas untuk mengerjakan penelitian, menunda-nunda mengerjakan laporan, hingga yang paling ekstrem sudah tidak mau lagi datang ke kampus untuk konsultasi tugas akhirnya. Jika sudah begini, siapa yang akan rugi?

Berbagai tantangan memang kita hadapi ketika mengerjakan tugas akhir, baik skripsi bagi mahasiswa S1 atau pun tesis bagi mahasiswa S2. Tantangan paling awal muncul adalah mencari judul penelitian. Seorang mahasiswa dituntut mampu menemukan sebuah permasalahan unik yang akan diteliti. Mengapa disebut unik? Ya, karena permasalahan yang akan diteliti adalah hal baru yang sebelumnya memang belum diteliti atau bisa juga melanjutkan penelitian orang-orang sebelumnya.

Setelah mendapatkan judul atau permasalahan yang akan diteliti, mahasiswa dituntut  mencari pembimbing yang sesuai, menghubungi koresponden untuk studi pendahuluan, menyusun instrumen, memvalidasi instrumen, mengambil data, mendokumentasikan penelitian, mentabulasi data, menganalisis data, hingga menyusun laporan. Berbagai tahapan penelitian yang begitu panjang bisa jadi membuat mahasiswa lelah dan jenuh untuk tetap bertahan mengerjakan tugas akhirnya. Jika kejenuhan mengerjakan tesis atau pun skripsi melanda, maka berikut tips agar kembali bersemangat menyelesaikan tugas akhir.

1. Berbagilah dengan teman dekatmu!
Berbagai permasalahan yang berat akan terasa lebih ringan ketika kita mau berbagi. Tentu saja kita memiliki teman dekat yang dapat kita ajak sharing mengenai berbagai kendala yang kita hadapi. Dengan saling berbagi, maka kita akan mengetahu pengalaman masing-masing mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir. Sehingga, tips maupun trik menghadapi berbagai persoalan pun akan kita dapatkan. Misalnya, kita merasa jenuh dan suntuk dengan berbagai data penelitian, kita tidak mengetahui mau diapakan data tersebut. Solusi terbaik tentu saja kita sharing dengan teman yang lebih dahulu tahapan penelitiannya, dengan begitu kita bisa belajaran bagaimana data penelitian harus dianalisis, diinterpretasikan, serta dibuat laporannya.

2. Tata ulang ruang kerjamu!
Salah satu tips yang dapat kita kerjakan selanjutnya yaitu menata ulang ruang kerja kita, entah kamar kos maupun rumah kita. Dengan adanya suasana baru dan rapi maka semangat kerja akan kita peroleh. Berbeda dengan ruang yang monoton, acak-acakan, dan terkesan kumuh tentu akan semakin membuat kita malas duduk di depan laptop kita.

3. Cari referensi seluas-luasnya!
Salah satu kendala yang bisa membuat jenuh para mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian yaitu terbatasnya referensi sebagai rujukan penelitiannya. Di era kemajuan teknologi saat ini kita dengan mudah akan mendapatkan referensi yang kita butuhkan, baik referensi cetak maupun eletronik. Dengan smartphone yang kita miliki pun kita bisa menjelajah dunia maya untuk medapatkan referensi yang kita perlukan. Misalnya e-jurnal, e-book, maupun mendapatkan buku di berbagai toko maupun perpustakaan melalui katalog online.

4. Refreshing ke obyek wisata
Solusi berikutnya jika mengalami kejenuhan yaitu dengan melakukan refreshing. Kegiatan ini bisa kita lakukan di obyek wisata maupun tempat lain yang dirasa dapat menyegarkan kita kembali. Ajaklah keluarga atau  teman-teman dekat kita agar mendapatkan semangat baru dalam menyelesaikan tugas akhir.

5. Selalu berusaha dan Berdoa
Terakhir, agar kita lepas dari penyakit kejenuhan yaitu dengan terus berusaha dan berdoa. Ingat kembali tujuan awal kuliah serta timeline atau schedule yang telah ditetapkan. Tepati tiap tahap atau schedule tersebut sehingga bisa lulus tepat waktu. Jangan lupa untuk terus beribadah dan berdoa, karena Allah lah yang akan memberikan berbagai kemudahan bagi kita. Yakinlah bahwa Allah Yang Maha Kuasa akan selalu mempermudah langkah kita.


Demikian beberapa tips menghadapi tugas akhir. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Anda punya tips lainnya? Tuliskan di kolom komentar posting ini. Terima kasih.

4 comments:

  1. Betul sekali, yang baru saya lakukan point ke 1,2 dan 5...kurang ke 3 dan 4 nih.

    Pake nomer dong pak point2nya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, bu Happy...

      Nomor sudah terpasang

      Delete
  2. Saya suka tips ke-4 pak... plus ke-5... :-d

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top