Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk semua mahasiswa yang ada di dalamnya. Sebagai universitas negeri yang mengedepankan kurikulum pembelajaran yang efektif. Menjaga kualitas pendidikan tentunya tidaklah mudah dibutuhkan usaha yang cukup gigih untuk mengambil langkah yang tepat. Selain memberlakukan seleksi calon mahasiswa secara ketat, pihak universitas pun kemudian memberikan imbalan yang sepadan. Salah satunya dalam bentuk keringanan biaya selama menempuh pendidikan disini.

Berbagai bentuk keringanan biaya di lingkungan Institut Pertanian Bogor bisa dirasakan oleh semua mahasiswa tanpa terkecuali. Keringanan biaya yang diberikan bisa dalam bentuk :

1.       Biaya Awal Masuk Yang Ringan
Sebagai universitas yang pengelolaannya berada di tangan pihak pemerintah, kebutuhan biaya tentu terbantu dari pusat. Jikalaupun masih membebankan biaya kepada calon mahasiswa untuk kebutuhan tertentu yang jumlahnya ringan. Mahasiswa dari keluarga perekonomian manapun diharapkan tidak mengalami kendala dari aspek pembiayaan di tahap awal.

2.       Bantuan Pendidikan Melalui Program Beasiswa
Kampus IPB termasuk ke dalam jajaran universitas negeri yang sering memberikan bantuan biaya melalui program beasiswa. Beasiswa yang diberikan tidak melulu hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang prestasi akademiknya membanggakan. Namun bisa pula didapatkan oleh mereka yang aktif berkegiatan di kampus melalui organisasi yang ada. Atau bisa juga diberikan kepada mahasiswa yang merasa kesulitan melunasi pembayaran berbagai bentuk biaya selama menjadi bagian kampus. Melalui bantuan yang beragam inilah keringanan biaya semakin mampu dinikmati oleh semua kalangan.

3.       Subsidi Biaya Belajar Di Setiap Semester

Bantuan biaya juga diberikan secara serentak dan menyeluruh untuk semua mahasiswa, dan bisa pula diberikan secara bertahap. Melalui subsidi biaya pendidikan di setiap semester maupun pada semester tertentu dipastikan meringankan beban perekonomian. Melalui berbagai keringanan dari aspek biaya pendidikan ini diharapkan meningkatkan semangat belajar. Sebab di masyarakat masih banyak yang enggan meneruskan pendidikan lantaran terbentur oleh biaya yang terlalu tinggi. Menyadari dan memahami situasi di masyarakat membuat IPB (Institut Pertanian Bogor) memberikan program keringanan biaya.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top