News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android (bagian 3)

Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android (bagian 3)

Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2. Kita akan menggunakan kembali software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D ini. Software yang dikembangkan oleh Scirra ini berbeda dengan Adobe Flash CS 6, karena Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.
Pada tutorial sebelumnya telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan menambah layout dan eventsheet untuk menempatkan tombol-tombol navigasi. Layout dan evensheet ini pada tutorial bagian 2 kita beri nama yang sama, yaitu “Menu”. Tombol-tombol perlu disiapkan terlebih dahulu, baik dengan download di internet maupun kita buat di software grafis ataupun kita buat di Powepoint. Setiap tombol berupa shape atau pun gabungan gambar dan shape yang kita simpan dalam bentuk gambar (save as picture) dengan format PNG. Berikut ini contoh tombol yang dibuat di Powerpoint:

Setelah semua tombol telah siap, sisipkan tombol satu per satu  ke dalam layout Menu dengan cara seperti menyisipkan background, yaitu dengan klik kanan pada layout kemudian pilih Insert new object kemudian pilih Sprite. Jika anda merasa kesulitan maka silahkan baca kembali tutorial bagian 1. Aturlah besar kecilnya tombol. Jika langkah anda benar maka tampilan pada layout Menu adalah sebagai berikut.
Untuk memudahkan kerja kita maka setiap gambar atau object yang kita sisipkan ke dalam layout sebaiknya kita beri nama yang berbeda. Lihat pada Project Bar di sebelah kanan layout, semua object yang telah kita sisipkan ada di  folder Object types, ubah nama masing-masing object (sprite) dengan klik kanan kemudian pilih Rename. Lalu ketikkan nama object yang sesuai.
Setelah selesai tambahkan layout dan evensheet untuk materi, latihan soal dan evaluasi masing-masing 1 layout dan 1 eventsheet. Cara menambah layout dan eventsheet dapat dilihat di tutorial bagian 2. Ubah nama layout dan eventsheet menjadi materi, latihan soal dan evaluasi.
Tambahkan background untuk masing-masing layout tersebut seperti pada saat memberi background pada layout Menu.

Bersambung....

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a Comment