Ingin tahu cara penangangan penyakit diabetes? Yuk, simak artikel ini. Cara penanganan penyakit diabetes sebenarnya berdasar pada pola makan yang sehat dan rutinitas olahraga serta mengubah life style yang tak menunjang program penurunan diabetes. Futuready menyatakan bahwa seseorang yang menderita penyakit diabetes harus mengontrol dan menjaga berat badannya, hal ini dikarenakan bila penderita diabetes mampu menurunkan berat badannya sekitar 10% maka kadar glukosa dalam darah bisa turun secara singnifikan. Futuready juga menyarankan bahwa segera konsultasikan dengan ahli nutrisi/gizi jika ingin membuat planning yang tepat untuk menjalankan pola makan sehat bila sobat memang menderita diabetes. Lantas pola makan penderita diabetes itu bagaimana?

Inilah penjelasan Futuready mengenai pola makan penderita diabetes. Menurut Futuready, penderita diabetes harus mengurangi asupan karbohidrat  karena kadar karbohidrat mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan kadar glukusa dalam darah. Namun bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali, tapi penderita diabetes haruslah cermat saat pilih jenis karbohidrat. Penderita diabetes lebih dianjurkan untuk konsumsi jenis karbohidrat kompleks dan makanan yang punya serat tinggi sebab agar lebih lambat ketika diuraikan dalam sistem pencernaan, sehingga level glukosa dalam darah bisa terjaga. Tidak hanya itu, makanan yang berkabohidrat komples akan meningkatkan energi pada tubuh penderita diabetes dan perut terasa kenyang agak lebih lama lagi.

Selain itu, pola makan penderita diabetes yang wajib dilakukan dengan mengurangi konsumsi alkohol, pasta, nasi putih dan makanan-makanan yang terdapat pemanis ataupun gula yang berlebih. Sebaliknya, bagi penderita diabetes lebih diajurkan untuk konsumsi gandum, cereal dengan nutrisi tinggi dan nasih merah. Disamping mengontrol karbohidrat, penderita diabetes harus mengkonsumsi sayur hijau dan buah segar. Sayuran yang cocok untuk penderita diabetes ialah bayam dan brokoli. Sementara untuk buah bisa mengkonsumsi buah beri, persik, pir dan apel, baik itu dijus ataupun dikonsumsi langsung. Namun perlu diingat, bila ingin membuat jus buah jangan sekali-kali menambahkan gula pemanis tambahan karena tidak akan memperparah kondisi diabetes sobat.  

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top