Buku 4 Pedoman PKB dan Angka Kreditnya menjelaskan bahwa Publikasi ilmiah bukan hanya terbatas pada PTK. Publikasi Ilmiah terdiri dari tiga kelompok kegiatan, yakni:
1. presentasi pada forum ilmiah;
2. publikasi  hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; dan
3. publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Presentasi pada forum ilmiah dan publikasi  hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal telah dibahas pada posting sebelumnya, berikut ini uraian untuk kegiatan selanjutnya.

3. Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru
Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari: (a)  Buku Pelajaran, (b)  Modul/Diktat Pembelajaran (c)  Buku dalam Bidang Pendidikan, (d)  Karya Terjemahan, dan (e)  Buku Pedoman Guru. Penjelasan tentang definisi, kerangka isi, bukti fisik, dan besaran angka kredit dari masing-masing jenis publikasi di atas disajikan sebagai berikut.
Buku Pelajaran
Buku pelajaran adalah buku berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu  atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama atau pelengkap. Buku dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.
Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan usul penetapan angka kredit adalah berupa buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis tersebut. Buku tersebut juga harus secara jelas menunjukkan nama penerbit, tahun diterbitkan, serta keterangan-keterangan lain yang diperlukan seperti persetujuan dari BSNP, nomor ISBN, dan lain-lain (jika ada).
Bila buku tersebut berupa fotokopi, maka diperlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
Modul/Diktat
Modul  adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Sedangkan, diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/  memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Dalam satu modul terdapat beberapa kegiatan belajar    yang harus diselesaikan dalam  kurun waktu tertentu dan di setiap akhir kegiatan belajar terdapat umpan balik dan tindak lanjut. Umumnya satu modul menyajikan satu topik materi bahasan yang merupakan satu unit program pembelajaran tertentu.
Pada hakikatnya diktat adalah buku pelajaran yang 'masih' mempunyai keterbatasan, baik dalam jangkauan penggunaannya maupun cakupan isinya. Dengan demikian kerangka isi diktat yang baik seharusnya tidak berbeda dengan buku pelajaran, namun karena masih digunakan di kalangan sendiri (terbatas), beberapa bagian isi seringkali ditiadakan.
Buku dalam Bidang Pendidikan
Buku dalam bidang pendidikan berisi pengetahuan yang terkait dengan  bidang kependidikan. Sasaran pembaca buku ini tidak hanya pada siswa pada jenjang pendidikan tertentu saja. Tujuan penulisan buku ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami mata pelajaran tertentu, atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik pegangan utama maupun pelengkap namun dimaksudkan juga untuk memberikan informasi pengetahuan dalam bidang kependidikan.
Karya Terjemahan
Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan  dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah.
Buku yang diterjemahkan tersebut diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang dilakukan guru bersangkutan. Untuk itu, perlu adanya surat pernyataan dari  kepala  sekolah/madrasah yang menjelaskan perlunya karya terjemahan tersebut  untuk menunjang
proses pembelajaran guru bersangkutan. Yang diterjemahkan adalah keseluruhan isi buku secara lengkap dan bukan merupakan bagian dari buku, atau suatu tulisan pendek, artikel, atau jenis tulisan lain di luar guru.
Buku Pedoman Guru
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru.  Isi rencana kerja tersebut  paling tidak meliputi upaya dalam meningkatkan/  memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan,  dan evaluasi proses  pembelajaran.  Pada rancangan itu harus pula disajikan rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan.
Melalui rencana kerja tersebut, guru mempunyai pedoman untuk mengembangakan profesinya. Buku ini juga dapat dipakai kepala  sekolah/madrasah  dan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru bersangkutan.
Demikian kulasan mengenai jenis-jenis publikasi ilmiah guru. Apabila ada hal yang belum jelas silahkan tuliskan pertanyaan atau masukan anda pada kolom komentar posting ini. Semoga bermanfaat!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top