Tutorial mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2 ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya. Kita akan menggunakan kembali software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D ini. Software yang dikembangkan oleh Scirra ini tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.
Pada tutorial bagian 3 telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan menambah layout dan eventsheet untuk materi, latihan soal dan evaluasi. Tombol-tombol navigasi juga sudah kita sisipkan pada layout “Menu”. Tutorial bagian 4 ini akan membahas langkah selanjutnya dalam pembuatanmedia pembelajaran berbasis android.
Tombol-tombol yang sudah disisipkan perlu kita fungsikan untuk memudahkan user atau pengguna media dalam melakukan navigasi, yaitu fungsi beralih dari satu layout ke layout yang lainnya. Fungsi navigasi ini dapat kita aktifkan dengan cara sebagai berikut.
Pertama, klik kanan pada layout Menu, kemudian pilih Insert new object.

Setelah muncul jendela Insert new object, silahkan pilih Touch.
 
 Kedua, klik dua kali pada Evensheet “Menu” sehingga muncul tampilan sebagai berikut.
 
Klik “Add event” untuk memberi event atau perintah pada Eventsheet ini. Jika langkah anda benar maka akan muncul jendela Add Event, silahkan pilih “Touch” kemudian pilih “on touched object”.
 
Selanjutnya pilih object yang akan kita gunakan sebagai tombol navigasi, dalam tutorial ini tombol yang dimaksud adalah Tombol_Materi, Tombol_Latihan, dan Tombol_Evaluasi. Kita mulai dari Tombol_Materi terlebih dahulu.
 
Jika langkah anda benar maka akan tampil sebagai berikut.
 
Klik Add action pada event tersebut lalu pilih System. Kemudian pilih Go to layout. Selanjutnyapilih Layout “Materi”.
 
Dengan cara yang sama berilah navigasi pada Tombol_Latihan dan Tombol_Evaluasi sehingga pada event sheet “Menu” terdapat tiga event sebagai berikut.
 
Makna event tersebut yaitu, (1) ketika Tombol_Materi pada layout “Menu” disentuh maka akan beralih ke Layout “Materi”, (2) ketika Tombol_Latihan pada layout “Menu” disentuh maka akan beralih ke Layout “Latihan”, dan (3) ketika Tombol_Evaluasi pada layout “Menu” disentuh maka akan beralih ke Layout “Evaluasi”.


Bersambung....

4 comments:

  1. luar biasa..bisa minta softwarenya?gratis?>

    ReplyDelete
  2. mana pak lanjutanya sangat bermanfaat sekali ini tutorialnya

    ReplyDelete
  3. Berikut tutorial selanjutnya,
    http://www.sangpengajar.com/2016/02/membuat-media-pembelajaran-berbasis.html

    ReplyDelete
  4. Software Construct 2 dapat diperoleh secara gratis, silahkan lihat di sini:
    http://www.sangpengajar.com/2015/10/construct-2-solusi-mudah-membuat.html

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top