Perkembangan teknomogi gadget yang semakin pesat membawa perubahan pada media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis komputer yang sebelumnya marak digunakan kini beralih ke media pembelajaran berbasis mobile dalam berbagai platform, mulai dari android, windows phone, iPhone, flash lite, java, dan sebagainya. Berbagai software untuk mengembangkan Eclipse, Android Studio, Adobe Flash CS6, Construct 2 dan sebagainya.

Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Construct 2
Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai cara membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2. Kita akan menggunkan kembali software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D ini. Software yang dikembangkan oleh Scirra ini berbeda dengan Adobe Flash CS 6, karena Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.

Pada tutorial sebelumnya telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan menempatkan cover media android kita. Langkah selanjutnya untuk membuat media pembelajaran android dengan menggunakan Construct 2 adalah sebagai berikut:

Pertama, ubah nama Layout dan Eventsheetnya dengan nama sama dan sesuai. Cara mengubah namanya adalah dengan klik kanan pada nama  layout kemudian pilih Rename. Lalu ketikkan nama layout yang sesuai, misalnya Cover

Dengan cara yang sama ubah nama eventsheetnya. Setiap layout selalu berpasangan dengan eventsheet yang kita buat sama namanya.



Kedua, Tambahkan layout dan eventsheet setelah Cover. Cara menambah layout dan eventsheet sekaligus yaitu dengan klik kanan pada Layouts, lalu pilih Add layout.
Maka akan muncul jendela add layout sebagai berikut:

Pilih Add event sheet. Dengan cara yang sama ubah nama layout dan eventsheet yang muncul. Misalnya kita beri nama Menu, karena di layout ini akan kita pasang beberapa tombol untuk navigasi ke layout lainnya. Jika langkah anda benar maka akan tampil sebagai berikut pada project bar:

Ketiga, ubah ukuran layout dan margin menjadi 480, 800. Cara untuk mengubah ukuran ini telah disampaikan pada tutorial sebelumnya.
Keempat,  tambahkan background untuk layout Menu ini. Cara menambahkan background melalui Insert Sprite seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya. Background dapat kita buat di software grafis seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw dalam format PNG ukuran 480x800 pixel.

Siapkan juga tombol-tombol yang diinginkan. Tombol dapat kita buat di Microsoft Office Powerpoint atau download di internet.

Bersambung....

2 comments:

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top