Bagi sebagian orang yang baru dengan tehnik optimalisasi web ataupun blog, tehnik conversion rate optimization memang tidak banyak yang mengetahuinya. Jika diibaratkan sebuah website adalah kegiatan memancing, maka tehnik ini adalah sebuah umpan yang sangat menggiurkan bagi ikan. Adapun tehnik SEO yang banyak digunakan oleh orang diibaratkan sebagai alat atau bahan yang digunakan untuk mengumpulkan banyak ikan di satu tempat, yaitu website kita. Ketika semua ikan sudah terkumpul banyak di area pancing kita, maka tinggal kita memilih umpan yang tepat agar ikan mau memakan umpan tersebut.


Jadi ketika tehnik SEO sudah mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak, kita tinggal memberikan sesuatu yang menarik agar pengunjung bisa menjadi pembeli ataupun konsumen dari produk yang kita jual dalam web tersebut. Kalaupun ternyata dia tidak membeli produk, maka setidaknya dia akan menjadi pengunjung tetap yang bisa katakan potensial untuk jadi pembeli. Berikut beberapa elemen dari tehnik yang juga sering disebut CRO ini yang harus kita ketahui:
  • Komponen pendukung, agar website lebih menarik maka harus disediakan alat promosi seperti banner, artikel atau tulisan yang berisi tentang pemasaran produk,
  • Tujuan dari tehnik ini harus jelas, apakah hanya sekedar mengharapkan para pengunjung untuk mensubscribe web atau agar pengunjung membeli produk kita.

Satu elemen lagi yang tidak kalah penting adalah dilakukannya evaluasi atas penerapan tehnik ini agar bisa benar-benar maksimal. Adapun cara yang sering digunakan pada tehnik ini adalah:
  • Mempercantik konten web, sehingga menimbulkan ketertarikan dari pengunjung,
  • Memberikan site map yang mampu mengarahkan pengunjung untuk melakukan subscribe atau malah membeli produk kita dengan tulisan atau artikel yang bersifat informatif namun mengandung rayuan,
  • Pemilihan bentuk kalimat serta headline yang tepat.


Tidak seperti SEO yang hanya sekedar menarik pengunjung, tehnik ini cenderung lebih pada mengarahkan pengunjung agar bisa melakukan eksekusi terhadap penawaran yang kita berikan di web. Apakah itu sebuah produk atau sebuah jasa, dengan menggunakan conversion rate optimization yang tepat pasti akan mampu memberikan keuntungan penghasilan lebih kepada kita.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top