Dalam penyelesaian tugas akhir baik skripsi maupun tesis,  biasanya mahasiswa  dituntut untuk mencari referensi dan hasil penelitian yang relevan dengan tugas akhir yang sedang disusun.  Demikian juga halnya dengan guru yang sedang mempersiapkan karya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dituntut untuk mencari referensi yang terkait dengan PTK yang akan dilakukan. Referensi yang relevan untuk penelitan dapat kita peroleh dengan mencarinya dalam sebuah buku. Salah satu refensi yang banyak dicari selain buku adalah artikel dari jurnal yang berstandar nasional maupun internasional.
Banyak artikel jurnal yang dapat kita peroleh secana online, namun beberapa kendala yang biasanya kita hadapi adalah:
  1. Tidak semua situs jurnal online dapat dibuka, karena situs tersebut berbayar. Beberapa universitas biasanya berlangganan situs jurnal online sehingga mahasiswa dapat login dengan memasukan user name serta password.
  2. Kalaupun kita bisa masuk ke situs tersebut atau situs-situs lainnya yang tidak berbayar, beberapa artikel tidak dapat kita download karena untuk mendownload kita harus membayarnya terlebih dahulu. Jika kita tidak dapat mendownload maka kita hanya dapat membacanya secara online.
  3. Beberapa artikel yang berhasil kita download dengan gratis pun terkadang isinya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sehingga kita kehilangan banyak waktu.

Selain tiga kendala di atas, beberapa mahasiswa atau guru terkadang minim informasi tentang alamat situs yang menyediakan artikel jurnal, dan hanya mengandalkan kolom pencarian di google. Sebenarnya kita bisa memaksimalkan pencarian artikel jurnal pada kolom pencarian di google, dengan cara sebagai berikut:
  1. Pahami terlebih dahulu variabel yang ada dalam penelitian kita, akar teorinya dari mana, dan tokohnya siapa. Tokoh dalam teori belajar yang tekenal diantaranya yaitu: Piaget, Ausubel, Bruner, John Dewey, dan lalin-lain. Sebagai contoh tokoh yang terkenal dengan pendekatan dan model Science Technology Society(STS)  adalah Yager. Banyak artikel jurnal tentang STS yang mencantumkan tulisan Yager sebagai referensi.
  2. Buka situs pencarian google lalu ketik nama tokoh yang berhubungan dengan variable dalam penelitian kita. Tambahkan ‘pdf’ di belakang nama tokoh tersebut agar bisa langsung terdownload. Misalnya untuk mencari artikel jurnal yang berhubungan dengan STS, cukup mengetik “yager pdf” pada kolom pencarian google
  3. Dalam waktu beberapa detik saja banyak judul artikel yang muncul. Berdasarkan pengalaman penulis, artikel yang muncul ternyata memang benar-benar berhubungan degan STS dan sesuai dengan kebutuhan referensi.

Demikian cara cepat mendapatkan artikel jurnal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. Mantapppp artikelnya, bu Rini...

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda,saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai berbagai macam video yang bisa anda kunjungi di Sini

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top