Siapa yang tidak tahu mouse? Mouse merupakan perangkat input komputer yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer. Mouse berperan sebagai perangkat input seperti keyboard. Mengapa disebut mouse? Nama mouse diberikan karena perangkat ini menggunakan kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Sejarah Mouse
Sejarah pembuatan mouse diawali pada tahun 1963, di mana mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Engelbart dengan menggunakan bahan kayu. Mouse ini dibuat hanya dengan satu tombol saja. Perkembangan selanjutnya, model dibuat dengan 3 tombol. Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat digunakan untuk mengetahui posisi koordinat X-Y pada layar komputer pada tahun 1970. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Mouse pada umumnya memiliki dua tombol utama yang terletak di sebelah kiri atas dan kanan atas mouse. Perkembangan selanjutnya, mouse dilengkapi dengan tombol scroll yang dapat digunakan untuk “menggulung layar” dan juga dapat ditekan sebagai tombol ketiga. Komputer-komputer berbasis Macintosh umumnya menggunakan mouse dengan satu tombol saja.
Prinsip Kerja Mouse
Prinsip kerja mouse yaitu bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Perkembangan selanjutnya, untuk mendeteksi gerakan mouse modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis. Seiting perkembangan teknologi yang semakin pesat, mouse juga dibuat dengan menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser, dengan resolusi mencapai 2.000 titik per inci (dpi) hingga 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
Finger Mouse
Aktivitas kita saat ini memang banyak membutuhkan komputer sebagai alat bantu. Pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah, urusan rumah tangga, maupun organisasi saat ini telah banyak dikerjakan dengan komputer. Finger mouse hadir sebagai teknologi baru yang dapat membantu dan memudahkan pekerjaan kita.

Inovasi baru yang diusung dengan hadirnya finger mouse yaitu kita dapat menggerakkan kursor hanya dengan menggunakan jari. Finger mouse digunakan dengan cara memakainya seperti memakai cincin di jari kita. Dengan teknologi ini kita dapat melakukan editing dan menggerakkan kursor hanya dengan menggunakan jari kita.
Dengan memakai finger Mouse berupa cincin karet elastis ini di jari kita maka kita bisa menggunakannya seperti memakai mouse biasanya. Jadi lebih praktis bukan? Silahkan coba teknologi baru ini dan rasakan sensasinya!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top