Keyboard atau papan ketik merupakan salah satu perangkat input (masukan) pada komputer. Keyboard berupa papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, tombol-tombol angka (0-9), dan tombol lainnya. Keyboard berfungsi sebagai alat input dalam komputer. Setiap input yang diberikan melalui keyboard, baik berupa kata, kalimat maupun yang lainnya akan diproses oleh CPU kemudian ditampilkan dalam layar komputer. Papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci yang bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Ukuran keyboard bermacam-macam. Salah satu faktor yang menentukan ukuran keyboard adalah adanya duplikat tombol atau key, seperti papan ketik numerik yang dibuat terpisah untuk kenyamanan dalam melakukan input angka. Ukuran keyboard juga tergantung pada sejauh mana sistem digunakan untuk menghasilkan tindakan oleh kombinasi tombol secara bersamaan atau yang menyusul (dengan tombol pengubah), atau menekan beberapa tombol unik. Ukuran keyboard atau papan ketik dipengaruhi juga oleh ukuran dan jarak tombol. Prinsip dasar yang dalam pembuatan keyboar adalah pertimbangan praktis bahwa tombol pada keyboard harus berukuran cukup besar agar dapat dengan mudah ditekan dengan jari, atau alat yang digunakan untuk menekan tombol keyboard.
Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, keyboard dikembangkan dengan beraneka macam inovasi. Salah satu inovasi dalam teknologi keyboard saat ini yaitu flexible keyboard. Teknologi terbaru ini menjawab kebutuhan kita untuk membawa keyboard ke mana pun dengan mudah.

Flexible Keyboard
Flexible keyboard merupakan keyboard yang bisa digulung. Keyboard jenis ini terbuat dari bahan silikon. Mungkin muncul pertanyaan, apa tidak rusak kalau keyboardnya bisa digulung? Flexible keyboard dibuat dari bahan yang elastis, sehingga sistem kerja pada keyboard jenis ini tidak akan rusak meskipun digulung. Meskipun dibuat dari bahan elastis, kualitas dan fungsi flexible keyboard tidak perlu diragukan. Flexible keyboard dilengkapi dengan sistem kerja yang sama dengan keyboard pada umumnya, bahkan punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki keyboard biasa, seperti tahan terhadap air dan tidak pecah saat terjatuh. Kita tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menumpahkan cairan ke keyboard canggih ini.
Flexible keyboard dibuat dalam 2 jenis, yaitu flexible keyboard USB dan flexible keyboard  bluetooth. Flexible keyboard cocok untuk kita yang suka bepergian. Dengan bentuknya yang fleksibel dan mudah disimpan, kita bisa membawa keyboard ini kemanapun dan menyimpannya di tas dengan cara digulung ataupun dilipat. Selain menggunakan kabel USB, kita bisa juga menggunakan flexible keyboard yang dilengkapi dengan bluetooth. Flexible keyboard yang dilengkapi bluetooth sangat cocok bagi kita yang tidak suka ribet berurusan dengan kabel. Flexible keyboard bluetooth ini tidak hanya bisa digunakan untuk komputer dan laptop, tapi juga untuk tablet dan smartphone.
Kemudahan hidup telah diberikan dengan hadirnya flexible keyboard, mengapa tidak kita coba?


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top