Masyarakat saat ini dihadapkan pada perkembangan teknologi yang sangat cepat. Demikian juga pada teknoologi komputer. Jika lebih dari sepuluh tahun yang lalu kita masih menggunakan komputer meja atau yang biasa disebut dengan Personal Computer (PC/komputer dekstop), maka saat ini perangkat komputer sudah mengalami perkembangan bentuk ke arah yang lebih mobile. Seiring perkembangan teknologi itu muncul berbagai istilah baru, seperti tablet, netbook, notebook, laptop, ultrabook, dan sebagainya. Berbagai istilah baru ini bisa jadi membuat kita bingung. Apa perbedaan laptop, notebook, dan netbook?
Munculnya berbagai istilah tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah, karena komputer portable saat ini telah menjadi perangkat yang diutuhkan masyarakat. Setiap segmen dan profesi masyarakat selalu membutuhkan komputer. Prinsip pemilihan perangkat komputer sebenarnya sederhana, apapun perangkat yang dipilih selama spesifikasinya memenuhi kebutuhan kita sehari-hari maka tidak masalah kita memilih yang mana, baik itu laptop, notebook, atau pun netbook. Artikel kali ini akan mencoba mengupas perbedaan antara ketiganya.

Perbedaan antara laptop, notebook, dan netbook sebenarnya dapat diuraikan dalam 2 aspek, yaitu aspek ukuran dan aspek spesifikasi. Kedua aspek tersebut diuraikan sebagai berikut:
Aspek ukuran
Laptop, notebook, dan netbook memiliki perbedaan dalah aspek ukuran. Ukuran perangkat yang paling kecil yaitu netbook yang memiliki ukuran layar antara 7-12 inchi. Ukuran perangkat yang selanjutnya yaitu notebook yang memiliki ukuran lebih dari 12 inchi sampai dengan 18 inchi. Sedangkan laptop biasanya  memiliki ukuran lebih besar, lebih  tebal, dan sedikit lebih berat dari notebook.
 Aspek Spesifikasi
Jika dilihat dari aspek spesifikasi, maka netbook merupakan versi mini dari notebook dan laptop. Umumnya netbook menggunakan prosesor atom, RAM antara 1-2 GB dan kualitas grafis yang pas-pasan. Netbook memiliki baterai dengan daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan noteboook dan laptop. Netbook cocok digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan resource besar misalnya untuk browsing internet, mengolah dokumen dan data, serta mengolah multimedia ringan.
Notebook memiliki spesifikasi yang paling lengkap dan tinggi. Notebook dilengkapi dengan kapasitas hardisk yang lebih besar dan cepat untuk diakses. Notebook juga dilengkapi dengan RAM, prosesor dan kartu grafis yang lebih baik dibanding dengan perangkat lainnya. Spesifikasi Notebook mendekati komputer dekstop atau PC. Dengan fitur dan keunggulan ini tentu saja harga notebook bisa lebih tinggi dari netbook.
Jika dilihat dari perkembangannya notebook merupakan perkembangan lebih lanjut dari laptop. Notebook hadir di saat orang membutuhkan spesifikasi komputer portable yang lebih tinggi dan ukuran yang sedikit kecil serta lebih ringan untuk memudahkan saat dibawa-bawa. Cukup sulit untuk membedakan antara laptop dan notebook saat ini, karena keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama. Perbedaan keduanya saat ini lebih pada penyebutan saja. Istilah notebook di Amerika lebih populer dibanding laptop, sedangkan di Indonesia sebaliknya.
Demikian sekilas mengenai perbedaan antara laptop, notebook, dan netbook. Semoga bermanfaat!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top