Setiap tahun siswa dihadapkan pada Ujian Nasional (UN). Ujian Nasional ini digelar untuk siswa kelas 6 SD/MI, siswa kelas 9 SMP/MTs dan siswa kelas 12 SMA/SMK/MA. Berbagai persiapan dilakukan oleh sekolah, mulai dari kegiatan motivasi bagi siswa, penambahan jam pelajaran, drill soal, dan berbagai kegiatan lainnya. Siswa pun tak kalah sibuk persiapannya, mulai dari membeli buku bank soal atau buku sukses UN, mengikuti bimbingan belajar, maupun persiapan lainnya.
Di awal tahun pelajaran baru, berbagai toko buku pun mulai diramaikan dengan berbagai judul buku persiapan Ujian Nasional, baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA. Begitu banyak pilihan buku bank soal maupun panduan sukses menghadapi Ujian Nasional yang disajikan penerbit. Berbagai trik dilakukan penerbit untuk menarik perhatian konsumen. Mulai dari sekadar menerbitkan buku bank soal UN yang berisi kumpulan soal latihan UN, sampai dengan buku bank soal yang dilengkapi dengan CD maupun peralatan Ujian Nasional. Umumnya, buku bank soal UN berisi ringkasan materi, latihan soal, dan beberapa paket soal prediksi UN. Selain berupa buku, ada juga penerbit yang mengeluarkan dalam bentuk LKS.
Dengan banyaknya jenis buku bank soal UN yang beredar, maka konsumen menjadi bebas dalam menentukan pilihannya. Konsumen dapat memilih berdasarkan selera maupun kondisi keuangannya. Beberapa tips berikut perlu diperhatikan dalam memilih buku bank soal UN ini:
Pertama, ketahui Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN tahun ini dahulu.
Apa itu SKL? SKL merupakan standar yang ditetapkan pemerintah untuk menentukan kelulusan siswa. Standar ini memuat berbagai kompetensi yang harus dikuasai siswa. Setiap kompetensi ini kemudian dibuat indikator pencapaiannya. Soal-soal Ujian Nasional disusun berdasarkan indikator-indikator pada SKL ini. Dalam bahasa yang lebih sederhana, soal-soal prediksi Ujian Nasional yang  tepat adalah soal-soal yang sesuai dengan SKL Ujian Nasional. Sehingga, dalam memilih buku bank soal UN kita harus mengetahui dahulu SKL Ujian Nasional tahun ini. SKL Ujian Nasional  dapat kita peroleh dengan mudah, baik dengan meminta kepada guru maupun dengan download di internet. SKL Ujian Nasional tersebut kita cocokkan dengan buku bank soal ketika membeli.
Kedua, Penerbit besar bukan jaminan.
Buku bank soal yang diterbitkan oleh penerbit besar tidak selalu dijamin buku tersebut adalah buku yang bermutu. Bisa jadi karena penerbit besar sudah “memiliki nama”, ketepatan soal-soal prediksi dengan SKL Ujian Nasional pun tidak diperhatikan. Ketidaktepatan soal prediksi ini bisa terjadi karena buku diterbitkan terlalu awal, sehingga belum mengetahui SKL Ujian Nasional tahun tersebut. Ketiga, Beli buku di saat yang tepat.
Banyak buku bank soal Ujian Nasional  yang diterbitkan terlalu awal. Akibatnya, buku tersebut berisi soal prediksi yang belum tentu sesuai dengan SKL Ujian Nasional. Buku bank soal UN yang terbit di awal tahun pelajaran ini dapat kita gunakan untuk mengetahui contoh soal Ujian Nasional  tahun-tahun sebelumnya dan juga untuk memperbanyak latihan. Tetapi, untuk ketepatannya lebih baik kita cek kembali ketika SKL Ujian Nasional telah diumumkan. Dengan demikian, membeli buku bank soal Ujian Nasional di semester genap menjadi tuntutan tersendiri. Berbagi latihan Ujian Nasional (try out) juga digelar di semester genap.
Demikian beberapa tips dalam memilih buku bank soal Ujian Nasional. Tentu saja bukan sekadar dibeli, tetapi buku bank soal tersebut selanjutnya dibaca, dipelajari, dan latihan soalnya dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Berbagai usaha tersebut tentu harus diiringi dengan banyak berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam mengerjakan soal Ujian Nasional. Selain itu, perlu adanya sikap mental positif yang ditanamkan pada siswa, seperti optimis, rajin, percaya diri, dan tak kenal menyerah. Dengan berbagai usaha ini, semoga Ujian Nasional  dapat dihadapi para siswa dengan mudah dan akhirnya mencapai kesusksesan. Semoga bermanfaat, salam Sang Pengajar! 

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top