Pendidikan adalah pilar penting yang mendasari kemajuan suatu negara. Seperti pernyataan yang dikutip dari situs Prestasi IIEF, sekolah adalah tempat bagi para calon national builders. National builders ini diharapkan bisa membawa Indonesia bersaing secara sehat di kancah internasional.
Begitu pentingnya pendidikan untuk memajukan Indonesia, lantas bagaimana dengan kualitas pendidikan Indonesia di masa kini?
Tentang Potret Pendidikan Di Indonesia
Pendidikan Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 65 negara menurut survey yang dirilis oleh Programme for International Study Assessment (PISA) di tahun 2012. Menurut pengamatan yang dilakukan PISA pada tahun 2002, 2003, 2006, 2009, dan 2012, perkembangan pendidikan di Indonesia cenderung monoton dan tak banyak kemajuan.
Bukan hanya itu saja, sebanyak 75% sekolah di Indonesia juga belum mampu memenuhi standar layanan minimal pendidikan. Hal ini berarti sebagian besar generasi muda belum mendapatkan pendidikan yang baik untuk bekal di masa depan.
Bagaimana dengan Kualitas Guru?
Kualitas guru di Indonesia juga tak kalah memprihatinkan. Karena nyatanya nilai rata-rata kompetensi guru di Indonesia hanya mencapai angka 44,5. Pencapaian tersebut tentu jauh dari harapan sebab standar nilai kompetensi guru di Indonesia adalah 75. Dilansir dari situs Pendidikan Indonesia, dari 1.850 guru tingkat SD, hanya 60%-nya saja yang memenuhi kualifikasi pendidikan S1.
Ini tentu bukan berita baik bagi Indonesia. Tak mengherankan jika Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Anies Baswedan menyatakan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia sedang gawat darurat.
Namun tetap ada cara yang bisa dilakukan demi memajukan pendidikan Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas serta kompetensi guru. Guru yang baik bukan hanya guru yang memiliki kompetensi, melainkan juga memiliki semangat dan revolusi mental yang baik. Guru yang mampu menerapkan metode belajar efektif serta terbuka dengan perkembangan teknologi akan membuat siswanya tumbuh menjadi generasi penerus yang berkualitas.
Jika ingin tahu lebih lanjut tentang cara memotivasi dan meningkatkan kompetensi guru, jangan lupa mengikuti Seminar PGRI di Gess Indonesia. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air. Rangkaian seminar pendidikan Gess Indonesia akan diadakan pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2015 di JCC. Yuk segera lakukan registrasi melalui http://bit.ly/1WfsBNUSaatnya mewujudkan langkah konkret demi pendidikan Indonesia yang lebih baik di masa depan.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top