Tidak heran jika anak lebih menyukai mainan dari pada makanan. Hal tersebut dikarenakan mainan lebih menyenangkan dan lebih mengasikan, karena itulah kita mesti bisa menyaring dan memilihkannya secara selektif. Dari semua mainan yang ada, tidak semua mainan tersebut baik untuk sikap anak, namun ada juga mainan yang justru membuat sikap anak menjadi lebih liar dan kurang mental. Pengaruh mainan anak sangat lah besar terhadap perkembangan anak baik dari segi sikap, kejiwaan, mental, sosial, serta pendidikan. Karena itu perlunya mainan anak edukatif yan diberikan secara selektif untuk membentuk pola pikir anak dan merangsang percepatan pertumbuhan cara berpikirnya.

Selain manfaat tersebut, masih banyak fungsi lainnya dari mainan anak edukatif yang berpegnaruh positif terhadap tumbung kembang anak-anak seperti :

1.       Melatih konsentrasi anak
Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang dilatih dan digali dari anak. Tidak sedikit anak yang sulit dalam berkonsentrasi dan salah satu upaya untuk melatihnya adalah dengan menggunakan mainan seperti puzzle yang banyak sekali macamnya. Mainan ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti kebutuhan akan konsentrasi terhadap huruf, maka pilihlah puzzle menyusun huruf. Begitu juga kebutuhan lainnya karena banyak sekali permainan dari puzzle ini.

2.       Melatih motorik anak
Terdapat dua kategori motoric pada manusia yaitu motoric halus dan juga kasar. Dengan meraba, menyentuh, serta memegang mainan dengan sering, maka motorik halus anak akan tersentuh. Begitu juga dengan motoric kasar yang didapat dari menggerakkan, melempar, ataupun mengangkat mainan. Dengan bergeraknya organ tubuh tersebut, maka sudah dapat merangsang motoric anak.

3.       Mengenalkan konsep
Salah satu konsep yang dikenalkan pada anak dengan menggunakan mainan adalah konsep sebab akibat. Disini dapat anda pilih yaitu menyusun mainan dengan memasangkannya dengan pasangannya. Begitu juga dengan memasukkan benda pada tempatnya. Dimana setiap benda harus sesuai dengan tempatnya, dan jika tidak sesuai maka tidak akan cocok serta jika dipaksakan maka berakibat keruksakan.


Itulah sedikit dari sekian banyak fungsi mainan anak yang mendidik. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi lainnya yang disesuaikan juga dengan usia dan ketertarikan anak.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top