Printer saat ini menjadi kebutuhan mendasar di perkantoran, sekolah, maupun dunia usaha. Printer banyak digunakan untuk mencetak tulisan, foto atau gambar. Berbagai merk dan jenis printer beredar di pasaran. Printer merupakan alat yang dapat menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.
Printer mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser. Berbagai jenis dan merk printer yang beredar di pasaran bisa jadi membingungkan kita ketika akan membeli printer. Beberapa tips berikut dapat menjadi referensi dalam memilih printer yang baik.

Kriteria Printer yang Baik
Dalam memilih printer, beberapa hal yang menjadi kriteria printer yang baik adalah kecepatan cetak yang cepat, hasil print teks  dan warna yang bagus, harga yang terjangkau, dan tingkat keawetan mesinnya. Merk printer yang banyak beredar saat ini adalah Canon, Epson, dan HP. Bagaimana perbandingan ketiga merk tersebut?
Printer Canon
Printer Canon memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan printer Canon antara lain: (1) lebih awet jika pemakaian cetak hitam lebih dominan dibanding warna, (2) kecepatan printer yang lebih baik dibandingkan printer Epson dan HP, (3) cocok untuk perkantoran, (4) print teks terlihat jelas, (5) harga lebih terjangkau, (6) hasil warna yang bagus.
Selain memiliki kelebihan, Canon juga memiliki kekurangan yaitu: (1) jika digunakan untuk mencetak terkadang suka tumpahan tinta di sisi kertas meski catridge baru atau belum refill, (2) hasil cetakan gambar kulit manusia terlihat agak merah (kurang natural), (3) catridge warna cepat rusak jika terlalu sering print warna, (4) roller cepat patah jika terlalu sering tarik/paper jam, (5) kurang cocok untuk percetakan.
Printer Epson
Printer Epson memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan printer Epson antara lain: (1) hasil warna paling bagus dibandingkan merk Canon atau HP, (2) pemakainnya murah jika sudah menggunakan infus, karena tidak perlu ganti-ganti catridge, (3) tingkat ketahanan mesin yang baik, (4) cocok untuk pemakaian warna atau gambar, (5) cocok untuk percetakan atau foto digital.
Selain memiliki kelebihan, Epson juga memiliki kekurangan yaitu: (1) print teks atau warna hitam kurang terlihat bagus, (2) cepat roller jika banyak memakai kertas foto, (3) hasil bergaris jika terlau sering ganti merk refill tinta, mengakibatkan headnya cepat rusak, (4) proses print agak lambat dibanding merk Canon atau HP, (5) hasil print daft kurang terlihat bagus sehingga jadi kabur, (6) perlu pemasangan pembuangan luar, karena akan lebih banyak makan tinta waktu cleaning.
Printer HP
Kelebihan Printer HP antara lain: (1) paling cocok untuk digunakan di kantor jika pemakaian hanya kertas biasa saja, (2) catridge lebih awet dibanding Canon, (3) harga paling murah dibanding Canon atau Epson, (4) hasil cetak teks lebih bagus dibanding Canon dan Epson, (4) print warna lebih bagus dibanding Canon.
Sedangkan kekurangan printer HP antara lain: (1) hasil cetakannya kurang baik jika memakai kertas foto, (2) tidak dianjurkan sering berpindah tempat jika memakai infus, (3) hasil print warna mayoritas bermasalah setiap habis refill atau infus, (4) kadang terjadi tumpahan tinta catridge jika sudah direfill, (5) mainboard printer lebih cepat mati karena berada tepat dibawah parking catridge diakitbatkan sering kepicratan tinta, (6) software terkadang bermasalah seperti paperjam, offline bahkan not responding, (7) jika kertas dipasang tidak pas dapat mengakibatkan kertas melipat.

Demikian perbandingan printer canon vs epson vs HP. Kembali kepada anda, mana yang anda pilih? Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top