Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di semua instansi pemerintah saat ini sedang disibukkan dengan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS). Apa sebenarnya PUPNS ini? PUPNS merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Nasioanal (BKN) secara online dan dilaksanakan sejak bulan September dan berakhir pada Desember 2015. Proses pemutakhiran data ini diawali dengan cara setiap PNS melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya PNS, melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia di database BKN tersebut.
Apa sebenarnya tujuan dari PUPNS ini? PUPNS digelar untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian Aparat Sipil Negara (ASN) yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara. Selain itu, PUPNS juga bertujuan untuk membangun kepedulian dan kepemilikan PNS terhadap data kepegawaiannya. Dengan program ini diharapkan setiap PNS care terhadap data kepegawaiannya masing-masing.

Bagaimana cara mengikuti PUPNS 2015?
Di era kemajuan teknologi komunikasi saat ini, BKN telah menyiapkan sistem registrasi yang cukup handal. Registrasi PUPNS 2015 dapat dilakukan dengan menggunakan web browser pada berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, komputer ataupun laptop.  Tahapan dalam mengikuti PUPNS adalah sebagai berikut:
Pertama, Registrasi PUPNS. Untuk melakukan registrasi silahkan klik tombol Register pada portal PUPNS, kemudian klik tombol Daftar dan lengkapi isian pendaftaran. Jika sudah selesai, maka silahkan cetak nomor bukti pendaftaran (registrasi) anda.
Kedua, Cek Status Daftar. Setelah anda melakukan registrasi, pastikan keberhasilan registrasi dengan cek status persetujuan pendaftaran dari Biro/Badan Kepegawaian masing-masing instansi dengan klik tombol Cek Status.
Ketiga, Login ke sistem PUPNS. Jika pendaftaran telah disetujui maka anda dapat login ke dalam sistem PUPNS dengan cara klik tombol Masuk. jika pendaftaran sudah disetujui, gunakan nomor registrasi dari sistem dan kata kunci (password) yang telah dibuat pada waktu proses pendaftaran.
Keempat, Cek Data Anda. Silahkan centang data yang telah sesuai dan perbaiki data yang belum sesuai, serta lengkapi data riwayat. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data. Pastikan data sudah di cek seluruhnya, jika sudah yakin, cetak data dengan tombol Cetak, lalu kirim data secara elektronik untuk proses verifikasi dengan tombol Kirim. Siapkan juga dokumen yang sah sebagai bukti pendukung dan persyaratan untuk data yang diusulkan diperbaiki sebagai lampiran.
Proses akses portal PUPNS tentu saja akan mengalami kendala, khususnya di jam-jam sibuk seperti jam kerja. Sehingga, disarankan untuk mengakses portal PUPNS di jam-jam di mana tidak banyak orang yang mengaksesnya, seperti pagi hari, tengah malam, atau dini hari.  Selain itu dibutuhkan koneksi yang cukup kuat, sehingga proses PUPNS akan berjalan dengan lancar.

Demikian informasi mengenai PUPNS. Semoga bermanfaat!

11 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama, pak...Semoga bermanfaat...

      Delete
  2. sekarang makin mudah
    bisa melengkapi data pupns online
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  3. ini info yang dicari
    cek status pupns susah ya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jadwal pembagian hari akses...silahkan ikuti jadwal tersebut...

      Delete
  4. ada alternatif
    bisa mendaftar pupns di android
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  5. Baca ini juga, rahasia dibalik jadwal baru PUPNS

    http://www.sangpengajar.com/2015/10/inilah-rahasia-di-balik-jadwal-baru.html

    ReplyDelete
  6. untuk, yang tidak ada nama sekolah gimana pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ketikkan nama sekolahnya, lalu simpan pak

      Delete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top