Siapa yang tidak kenal sepeda? Kendaraan ini dimiliki oleh hampir setiap orang. Sepeda merupakan salah satu jenis kendaraan yang beroda dua atau tiga. Ciri khas sepeda antara lain: memiliki setang, ada tempat duduknya, dan juga terdapat sepasang pengayuh yang digerakkan dengan kaki untuk menjalankannya.
Ketika banyak yang belum memiliki sepeda motor, sepeda menjadi kendaraan yang lazim dipakai. Umumnya sepeda dipakai untuk keperluan ke luar rumah, seperti ke kantor, ke sekolah, ke  kampus, ke pasar, dan sebagainya. Beragam nama dan model sepeda kini dipasarkan. Pengelompokan  sepeda biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya. Berikut jenis-jenis sepeda yang ada di pasaran:
Pertama, sepeda gunung. Sepeda jenis ini umumnya digunakan untuk lintasan off-road. Sepeda gunung dibuat dengan rangka yang kuat, dan memiliki suspensi.
Kedua, Sepeda BMX. Sepeda BMX (bicycle moto-cross) banyak digunakan untuk atraksi.
Ketiga, sepeda jalan raya. Sepeda jenis ini biasanya digunakan untuk balap jalan raya. Sepeda jalan raya memiliki bobot yang cukup ringan serta ban yang halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan.
Keempat, Sepeda mini. Sepeda mini biasanya digunakan oleh anak-anak. Sepeda jenis ini umumnya beroda dua atau tiga.
Kelima, Sepeda kota (citybike). Sepeda jenis ini merupakan sepeda yang biasa dipakai di perkotaan atau pada kondisi jalan yang baik. Sepeda kota biasanya memiliki sebuah boncengan dan keranjang.
Keenam, Sepeda Balap. Sepeda balap memiliki model handler setengah lingkaran. Sepeda ini biasanya digunakan untuk balapan.
Ketujuh, Sepeda angkut atau sepeda klasik. Jenis sepeda angkut atau sepeda klasik antara lain sepeda kumbang, sepeda pos dan sepeda ontel. Sepeda jenis ini memiliki besi kuat dan diameter roda yang besar. Kendaraan ini  mampu digunakan untuk berboncengan dan membawa barang.
Kedelapan, Sepeda lipat. Speda lipat merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.
Kesembilan, Sepeda Motor. Jenis sepeda ini memiliki tenaga mesin. Bahan bakar yang digunakan berjenis bensin sebagai sumber daya utamanya.

Sepeda Listrik, Sebuah Teknologi Baru
Dengan semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua, kini telah muncul berbagai inovasi kendaraan yang semakin membuat hidup kita terasa mudah. Salah satu inovasi itu adalah sepeda listrik. Dengan adanya sepeda listrik ini maka akan mempermudah setiap aktivitas kita sehari-hari.
Keunggulan sepeda Listrik antara lain kita tidak perlu mengisinya dengan BBM. Hanya dengan mengisi daya baterainya saja kita bisa menggunakan sepeda Listrik untuk segala aktivitas sehari-hari atau untuk berolahraga. Sepeda listrik kini menjadi alternatif kendaraan yang ramah lingkungan. Kendaraan ini cocok bagi rekan-rekan guru maupun para siswa dan mahasiswa, karena lebih murah biaya operasionalnya. Kita bisa dengan mudah menemukan ribuan sepeda Listrik yang tersedia berbagai merk dengan harga terjangkau. Semoga kehadiran teknologi baru ini bisa menjadi solusi bagi kehidupan kita.


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top