Buku tulis merupakan kebutuhan pokok bagi siswa di sekolah maupun para mahasiswa. Peran buku tulis kini mulai tergeser oleh binder, khususnya di kalangan para mahasiswa. Sedangkan di kalangan siswa sepertinya buku tulis masih menjadi pilihan utama, daripada harus memakai binder. Sebenarnya, antara buku tulis dan binder lebih baik mana?
Jika pertanyaan “lebih baik mana antara buku tulis dan binder” ini diajukan, maka jawaban yang diperoleh pun akan beraneka macam. Sebagian akan menyatakan lebih baik memilih buku tulis, sebagian lagi tentu akan memilih binder. Jawaban ini akan sangat dipengaruhi oleh siapa yang ditanya dan banyak faktor lainnya yang mempengaruhinya dalam menentukan pilihan.

Pilih Mana, Buku Tulis atau Binder?
Baik buku tulis maupun binder memiliki beberapa kesamaan. Pertama, buku tulis dan binder sama-sama terbuat dari kertas. Artinya, kita sedang membandingkan dua hal yang sama secara materi. Perbedaan secara materi antara keduanya lebih kepada cover dan cara pengemasan. Buku tulis umumnya memiliki soft cover, sedangkan binder memiliki hard cover. Secara pengemasan, binder dikemas dengan adanya sekat yang dapat kita atur untuk memisahkan catatan berdasarkan perbedaan mata pelajaran atau mata kuliahnya. Kedua, buku tulis dan binder sama-sama digunakan untuk menulis atau mencatat.  Artinya, dua hal yang kita bandingkan sama secara fungsinya.
Perbedaan antara buku tulis dan binder lebih ke arah kecocokan kita yang menggunakan. Bila kita bandingkan keduanya, maka kita akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ni kelebihan dan kekurangan antara keduanya:
Kelebihan Buku Tulis dibanding Binder
Buku tulis memiliki kelebihan yaitu ringan di bawa kemana-mana. Hal ini dikarenakan biasanya satu buku tulis hanya digunakan untuk satu mata pelajaran atau satu mata kuliah. Berbeda dengan binder, satu binder kita gunakan untuk banyak mata pelajaran atau mata kuliah, tiap mata pelajaran atau mata kuliah kita pisahkan dengan adanya sekat atau pemisah binder. Dengan demikian maka binder akan terasa lebih berat, karena setiap hari kita akan membawa semua lembar kertas. Berbeda dengan buku tulis, kita hanya akan membawa sesuai jadwal sekolah atau jadwal kuliah kita.
Kelebihan Binder dibanding Buku Tulis
Binder juga memiliki kelebihan  dibanding dengan buku tulis, khususnya bagi para mahasiswa. Dengan adanya binder maka kita tidak perlu setiap hari melihat jadwal kuliah dan memilih buku tulis (catatan) yang sesuai jadwal. Dengan binder kita juga bisa leluasa membuka catatan semua mata kuliah ketika sedang berada di perpustakaan atau sedang mengikuti perkuliahan. Selain itu, kita bisa mengatur jumlah lembar dalam tiap bagian binder sesuai mata kuliahnya. Dengan demikian, tidak akan ada kertas tersisa atau tidak terpakai seperti yang sering kita alami bila menggunakan buku tulis.

Demikian beberapa perbandingan antara buku tulis dan binder. Semoga membatu sahabat semua dalam menentukan pilihan: “buku tulis atau binder?”. Tambahkan kelebihan dan kekurangan antara keduanya di kolom komentar untuk melengkapi tulisan ini. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top