Anda mungkin pernah mendengar mengenai ODOJ.  ODOJ merupakan kependekan dari One Day One Juz yang merupakan sebuah program yang dirintis oleh para alumni Rumah Quran. Program ini memfasilitasi kita dalam tilawah al Quran dengan target 1 juz setiap harinya. Program yang kini diikuti puluhan ribu orang ini memanfaatkan instant messager handphone yaitu Whatsapp sebagai sarananya.
Mengenal Metode ODOJ
 Program ODOJ menggunakan metode tilawah dalam group-group Whatsapp. Satu group Whatsapp beranggotakan 30 orang. Tiap anggota group memiliki tugas tilawah 1 juz setiap harinya. Juz berapa yang dibaca diatur oleh admin dan para anggota. Jika hari ini mendapatkan jatah tilawah juz 1 maka besok mendapatkan jatah juz dan seterusnya. Di awal program ini digulirkan dikenal adanya sistem lelang. Sistem ini memudahkan anggota yang tidak bisa memenuhi target 1 juz sehari karena alasan tertentu, dapat memeberi kesempatan kepada anggota lainnya untuk meneruskan tilawahnya. Kini sistem lelang ini sudah tidak diberlakukan di program ODOJ.
Sebelumnya ODOJ menargetkan khatam group, tapi kini ODOJ lebih menargetkan khatam personal. Artinya, jika sebelumnya target program adalah setiap hari group menyelesaikan pembacaan Al Quran (khatam) 30 juz, kini target itu telah diubah. Target yang ingin dicapai adalah setiap anggota ODOJ dalam sebulan akan khatam setidaknya 1 kali. Program ini memang diluncurkan untuk membudayakan tilawah Al Quran 1 juz setiap harinya.
Dalam setiap group ODOJ terdapat satu atau lebih admin yang menjadi penanggung jawab. Admin bertugas mengatur mekanisme keanggotaan, seperti menambahkan anggota yang baru, menghapus anggota yang tidak menenuhi target, memberikan informasi-informasi mengenai program ODOJ maupun informasi lainnya, serta melakukan rekapitulasi pencapaian target setiap harinya.

Apakah Manfaat ODOJ?
Dengan kita mengikuti program ODOJ maka kita akan mendapatkan banyak manfaat. Pertama, dengan mengikuti ODOJ maka kita akan terbiasa membaca Al Quran setiap harinya. Dengan ini maka kita akan mendapatkan kebaikan dari setiap huruf yang kita baca. Kedua, dengan mengikuti program ODOJ maka kita akan terbiasa untuk disiplin. Kita akan selalu melakukan manajemen waktu dengan baik agar selalu ada kesempatan tilawah 1 juz setiap harinya. Dengan berlatih untuk selalu disiplin ini maka tentu saja akan berpengaruh positif terhadap kehidupan kita, Ketiga, dengan mengikutinprogram ODOJ maka kita akan menjalin silaturahmi dengan sesama muslim. Dalam satu hari setidaknya kita sudah berinteraksi dengan 30 muslim yang lain. Dengan silaturahmi ini kita juga mendapatkan banyak sekali manfaat seperti adanya nasihat atau taushiyah dari sesama anggota group. Keempat, bacaan Al Quran akan menjadi syafaat bagi kita di hari kiamat kelak. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW, “Bacalah LA Quran karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat” (H.R Muslim).

Tentu saja masih banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh. Dengan demikian, apa yang menghalangi kita bergabung dengan program ODOJ ?

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top