Pengertian Mikroskop
Mikroskop adalah salah satu alat optik yang digunakan untuk melihat obyek berukuran mikro (sangat kecil). Istilah mikroskop ini berasal dari bahasa Yunani micros yang artinya  kecil dan scopein yang artinya melihat. Umumnya alat ini digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Biasanya mikroskop dapat kita temukan di laboratorium yang digunakan untuk mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Istilah lain yang berkaitan dengan mikroskop adalah mikroskopik. Kata mikroskopik berarti sangat kecil dan tidak mudah terlihat oleh kasat mata.
Bayangan yang Terbentuk pada Mikroskop
Susunan mikroskop umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu: (1)bagian optik, yang terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler, dan (2) bagian non-optik, yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek/meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat),cermin, kondensor, dan sumber cahaya.  Lensa objektif merupakan lensa yang berhadapan langsung dengan obyek yang diamati, sedangkan lensa okuler merupakan lensa yang berhadapan dengan mata pengamat.
Lensa objektif dan lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung. Bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif memiliki sifat maya, terbalik, dan diperbesar terhadap posisi obyek mula-mula. Bayangan ini menjadi obyek bagi lensa okuler yang selanjutnya menentukan sifat bayangan akhir yang terbentuk. Bayangan benda dapat dibesarkan hingga 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali. Seiring dengan perkembangan teknologi perbesaran yang mampu dijangkau pun semakin meningkat.

Mikroskop Mini : Sebuah Teknologi Baru
Di era kemajuan teknologi saat ini, mikroskop tersedia dalam ukuran yang sangat kecil dan bisa kita bawa ke mana-mana. Saat ini mikroskop mini banyak digunakan untuk mendeteksi keaslian batu akik, keaslian suatu perhiasan, hingga keaslian mata uang. Bagi anda yang gemar dengan batu akik, mikroskop mini juga dilengkapi dengan lampu LED, sehingga lebih memudahkan anda memilih barang yang berkualitas dan akan tampak secara mikroskopis. Dengan mikroskop mini, kita juga dapat mengatur fokus pembesaran hingga 60 kali, bahkan hingga 100 kali. Tingkat perbesaran bayangan ini tergantung dengan tipe mikroskop mini yang kita pilih. Mikroskop mini dapat kita peroleh secara mudah. Kita tidak harus meluangkan waktu berputar-putar menyusuri kota untuk medapatkannya, karena dengan belanja secara online pun kini mikroskop mini dengan mudah dapat kita peroleh. Harga mikroskop mini pun tergolong sangat terjangkau. Dengan selembar uang lima puluh ribuan pun kita bisa mendapatkan dua mikroskop mini sekaligus, murah bukan?
Demikian informasi mengenai mikroskop mini. Silahkan tuliskan masukan atau komentar untuk melengkapi informasi ini. Semoga bermanfaat!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top