Di tengah perjalanan pulang dari pelatihan hari ini tiba-tiba terbersit di pikiran saya untuk menulis sebuah catatan mengenai “laptop, pelatihan, dan ICT literacy”. Tema ini sengaja saya pilih, karena saya dan teman-teman Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Kabupaten Wonogiri saat ini menggelar kegiatan Pelatihan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran. Tidak tanggung-tanggung, dalam kegiatan ini Formulasi Wonogiri menggandeng dua mitra sekaligus, yaitu Balai Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah) dan Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan yang digelar Jumat-Minggu, 21-23  Agustus 2015 ini diikuti oleh 80 guru SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Wonogiri. Melalui kegiatan ini para guru mendapatkan pemahaman mengenai pemanfaatan portal Rumah Belajar,  Jateng Pintar, Office 365, Educator Network, dan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Flash.
Judul “laptop, pelatihan, dan ICT literacy” sengaja saya angkat karena ada hal menarik yang saya lihat di pelatihan ini. Pertama, mekanisme pendaftaran peserta yang dilakukan oleh Formulasi Wonogiri. Mungkin baru kali ini pendaftaran pelatihan di Wonogiri dibuka secara online. Semula kami sempat ragu, apakah mekanisme ini bisa berjalan. Ternyata, dengan pendaftaran online peminat luar biasa banyak. Lebih dari 100 pendaftar mengisi form online yang kami pasang di web Formulasi Wonogiri. Kemudian, kami melakukan konfirmasi kehadiran kepada peserta untuk memastikan kehadirannya di kegiatan. Hingga akhirnya kami harus menutup pendaftaran di angka batas kuota peserta.
Kedua, sejak awal kegiatan para peserta sudah aktif dengan laptopnya masing-masing. Hal ini berbeda dengan kegiatan pelatihan lainnya di mana untuk sekadar membuka laptop saja kadang masih ditemui peserta yang merasa kesulitan. Apalagi sampai dengan mengoperasikan laptop.  Ketiga, dalam mengikuti kegiatan pelatihan para peserta sangat antusias dan bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Hal ini memang sesuai yang kami harapkan sejak kami menetapkan mekanisme pendaftaran online. Cara ini terbukti mampu menjadi pretes atau pun filter peserta. Dengan adanya pendaftaran online dan kami share sebatas melalui web dan jejaring sosial maka otomatis peserta yang mendaftar adalah para guru yang sudah dekat dengan dunia laptop, email, social media, dan internet.

Dari beberapa hal ini maka tidak salah apabila Formulasi Wonogiri disebut terdepan dalam hal penerapan ICT dalam kegiatan pelatihan di Kabupaten Wonogiri. Kemampuan Formulasi Wonogiri bermitra dengan berbagai pihak menjadi inspirasi bagi organisasi lainnya dalam menggelar kegiatan serupa. Melalui kegiatan Pelatihan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran ini kami berharap mampu meningkatkan ICT literacy atau kemampuan penguasaan dan pemanfaatan ICT di dalam pembelajaran. Sehingga, pembelajaran akan berlangsung lebih efektif dan menyenangkan.

Salam Formulasi!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top