Flashdisk atau USB flash drive merupakan suatu alat penyimpan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Umumnya flashdisk berukuran kecil, ringan, serta mudah untuk dibaca maupun diisi data. Banyak sekali jenis flashdisk berdasarkan kapasitasnya. Di awal kemunculannya, flashdisk tersedia untuk untuk kapasitas yang sangat kecil, mulai dari 64 MB sampai 512 MB. Seiring dengan kemajuan teknologi maka flashdisk dengan kapasitas kecil mulai ditinggalkan. Kini flashdisk tersedia mulai dari ukuran gigabyte (GB) hingga terabyte (TB). Flashdisk yang dijual di pasaran berkisar antara 2 GB sampai dengan 1 TB. Besarnya kapasitas flashdisk tergantung dari teknologi memori yang digunakan.
Dibandingkan media penyimpanan data lainnya, terutama Compact Disk (CD), flashdisk memiliki banyak kelebihan.  Flashdisk memiliki kemampuan yang lebih cepat, ukuran yang lebih kecil, kapasitas yang lebih besar, serta mudah dibawa kemana-mana. Keunggulan flashdisk yang lainnya yaitu tidak diperlukan alat tambahan untuk menggunakannya. Tidak seperti CD yang membutuhkan alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW. Flashdisk juga tidak memerlukan tenaga baterai dan sangat ringan. Selain memiliki kelebihan, flashdisk juga memiliki kekurangan, terutama umur penyimpanan data yang singkat. Hal ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Sehingga, flashdisk lebih sering dimanfaatkan untuk memindah data daripada menyimpan secara permanen. 
Tips Memilih Flashdisk
Banyak sekali jenis flashdisk yang dijual di pasaran, tentu saja dengan berbagai merk maupun variasi harga. Ketika kita akan membeli flashdisk maka akan lebih baik jika mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:
Perhatikan Merek Flashdisk
Saat ini dijual berbagai merek flashdisk di pasaran. Langkah pertama ketika hendak membeli flashdisk adalah mencari informasi mengenai berbagai merek flashdisk tersebut. Untuk mencari informasi merek flashdisk yang terbaik kita dapat mengunjungi website resminya  atau dengan membaca btulisan mengenai review flashdisk di forum online kemudian kita pilih merek flashdisk yang direkomendasikan oleh anggota forum.
Perhatikan Ukuran Flashdisk
Dalam memilih flashdisk, satu hal yang harus kita perhatikan adalah ukuran flashdisk. Dalam hal ini yang dimaksud adalah ukuran casing flashdisk. Ukuran casing flashdisk harus kita pilih yang tidak terlalu besar. Ukuran casing yang terlalu besar dapat  menghalangi port USB yang ada di sebelahnya sehingga port USB tersebut tidak bisa digunakan. Dengan demikian memilih flashdisk yang berukuran ramping adalah sebuah solusi agar lebih mudah dibawa dan dapat ditancapkan secara berdampingan dengan port USB yang lain.
Utamakan Kekuatan Flashdisk
Ketika hendak membeli flashdisk maka jangan sampai kita membeli hanya dikarenakan casingnya yang menarik. Lebih baik kita perhatikan kekuatan casingnya. Casing flashdisk harus benar-benar kuat karena flashdisk digunakan sehari-hari dengan cara ditancapkan dan dicabut. Dengan demikian seharusnya kita memilih flashdisk tidak hanya didasarkan pada warna atau bentuknya yang menarik, tapi yang terpenting perhatikan kekuatan casingnya.
Pertimbangkan Harga dan Kapasitas Penyimpanan Flashdisk
Flashdisk dijual dalam berbagai variasi harga dan kapasitas penyimpanan. Banyak orang tergiur dengan harga yang sangat murah namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.  Harga yang murah dengan kapasitas yang besar bisa jadi menjadi daya tarik tersendiri. Padahal produk sejenis itu  tidak menjamin dapat bertahan lama digunakan. Oleh karena itu, pilih flashdisk dengan harga wajar dan kapasitas sesuai kebutuhan kita.
Demikian beberapa tips dalam memilih flashdisk. Semoga bermanfaat !

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top