Charger atau adaptor laptop adalah komponen laptop yang memiliki kegunaan untuk pengisian muatan listrik pada baterai laptop. Jika muatan listrik pada baterai laptop telah habis, maka tanpa charger atau adaptor, laptop yang kita miliki tidak akan bisa digunakan.  Hal ini dikarenakan setiap laptop hanya dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut sangat tergantung pada besarnya kapasitas baterai laptop setelah pengisian muatan listrik. Pada proses pengisian muatan listrik pada baterai ini juga memerlukan bantuan charger atau adaptor laptop.
Setiap pembelian laptop biasanya disertai dengan charger atau adaptop laptop yang original dari perusahaan atau produsennya. Namun, bisa jadi charger atau adaptor ini karena suatu hal rusak atau pun hilang. Sehingga, kita harus membeli charger atau adaptor laptop yang baru.

Tips Memilih Charger Laptop
Sebelum membeli charger atau adaptor laptop yang baru maka beberapa tips berikut perlu kita ketahui terlebih dahulu :
Sesuaikan dengan Merk Laptopnya!
 Setiap merk laptop memiliki spesifikasi charger atau adaptop laptop yang berbeda-beda. Sehingga, dalam membeli charger laptop kita harus menyesuaikan dengan merk laptop kita, misalnya Asus, Compag, Acer, Axiio, Toshiba, Lenovo, HP, dan sebagainya.
Perhatikan Tegangan dan Arus Listrik Outputnya !
Dalam memilih charger atau adaptor laptop maka hal utama yang harus diperhatikan adalah besarnya tegangan dan arus listrik output yang dihasilkan. Kita dapat membacanya pada bagian belakang charger laptop untuk mengetahui  besarnya tegangan dan arus listrik output yang dihasilkan. Misalnya, pada charger laptop Asus tertulis 19V 2.1A hal ini menunjukkan tegangan output yang dihasilkan sebesal 19 volt, sedangkan kuat arus listrik yang dihasilkan adalah sebesar 2,1 ampere. Jika charger laptop hilang sehingga kita tidak dapat membaca spesifikasi tersebut maka kita dapat mengetahuinya dengan membacanya di bagian bawan laptop.  Pengecekan besarnya tegangan dan arus listrik output yang dihasilkan charger penting kita lakukan karena tidak smeua penjual hafal dengan spesifikasi tersebut untuk setiap laptop.
Pastikan Type Konektornya Sama 
Setelah memastikan charger telah sesuai merk, tegangan dan arus listriknya, maka selanjutnya kita harus memastikan type konektor charger laptop sama dengan charger yang original. Type konektor ini akan sangat menentukan bisa tidaknya charger atau adaptor laptop tersebut digunakan. Type konektor charger laptop bisa berupa pin/Jarum atau tipe standard.

Demikian beberapa tips memilih charger laptop. Semoga bermanfaat !

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top