Laptop kini telah menjadi kebutuhan yang pokok bagi guru, siswa, mahasiswa, maupun pekerja kantor. Berbagai tugas yang dulu dikerjakan secara manual, kini bisa secara mudah dikerjakan dengan adanya laptop, seperti pengolahan nilai siswa oleh guru. Laptop yang sering digunakan bisa membuat suhu laptop menjadi lebih tinggi atau panas. Lalu, bagaimana cara untuk menurunkan atau mendinginkan suhu laptop ?
Laptop yang sering overheat atau memiliki panas yang berlebih dapat berdampak buruk bagi perfoma laptop itu sendiri khususnya terhadap hardwarenya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang mampu mendinginkan kembali laptop, sehingga kita tetap bisa terus bekerja dengannya. Alat yang dibutuhkan untuk menurunkan suhu atau mendinginkan laptop dikenal sebagai Cooling Pad. Penggunaan cooling pad untuk mengurangi suhu panas pada laptop sudah umum kita ditemui saat ini. Cooling pad  bekerja menurunkan suhu laptop dengan cara menyedot suhu panas dari dalam laptop dengan menggunakan kipas kecil yang biasanya ditempatkan tepat di bawah perangkat laptop.
Tips Memilih Cooling Pad Laptop
Berbagai merk dan type cooling pad saat ini telah beredar luas di pasar gadget Indonesia dan dapat dibeli di berbagai toko komputer/laptop, baik dari toko laptop kecil hingga toko yang besar. Lalu, bagaimana memilih cooling pad yang sesuai dengan laptop kita? Inilah beberapa tips memilih cooling Pad untuk laptop kita:
Sesuaikan posisi kipas cooling pad dengan ventilasi laptop!
Berbagai jenis Cooling pad yang beredar di pasaran saat ini memiliki jumlah dan posisi kipas angin yang berbeda-beda. Ada cooling pad yang hanya memiliki satu kipas besar, ada cooling pad yang memiliki dua kipas dengan posisi yang sejajar, ada juga cooling pad dengan tiga kipas kecil yang membentuk posisi pola segitiga. Sehingga, dalam memilih cooling pad harus kita sesuaikan yang paling sesuai dengan laptop kita. Sebelum membeli cooling pad, maka terlebih dahulu harus kita cek lubang ventilasi suhu laptop kita. Jika ventilasi laptop berbentuk dua lubang sejajar maka cooling pad dua kipas akan lebih sesuai. Akan tetapi, jika laptop kita terdiri dari tiga lubang dan berbentuk pola segitiga, maka cooling pad tiga kipas yang seharusnya kita beli.
Pilih cooling pad dengan aliran udara ke bawah!
Saat ini di pasaran beredar dua jenis cooling pad berdasarkan arah aliran udaranya, yaitu cooling pad yang dengan aliran udara ke arah atas dan cooling pad dengan dengan aliran udara ke bawah. Sehingga, saat kita membeli cooling pad, sebaiknya memperhatikan arah aliran udara dari kipas cooling pad yang akan kita beli. Cooling pad dengan arah ailran udara yang ke bawah laptop lebih tepat kita pilih agar cooling pad dapat menyedot suhu panas keluar dari dalam laptop. Cooling pad dengan dengan aliran udara ke atas beresiko membawa debu dari luar ke dalam laptop yang akhirnya akan memperparah ventilasi suhu udara laptop kita.
Perhatikan bahan pembuat cooling pad!
Saat ini dipasaran dijual cooling pad yang terbuat dari bahan logam maupun plastik. Tentu saja cooling pad dari plastik akan lebih murah harganya. Tetapi, sebaiknya Anda memilih cooling pad dengan bodi berbahan dari logam daripada plastik. Cooling pad dengan bahan logam dapat lebih cepat menghantarkan suhu panas keluar dari laptop daripada cooling pad yang berbahan plastik. Selain itu, cooling pad dari logam tentu saja akan lebih awet karena lebih tahan banting daripada cooling pad dengan bahan plastik.
Demikian beberapa tips memilih cooling pad laptop. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top